Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Posisi dan Gerakan Tubuh yang Perlu Diperhatikan agar Terhindar dari Saraf Kejepit | Ayo Sehat

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pada umumnya, kondisi saraf kejepit memang dapat membaik dalam waktu singkat. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, dapat berlangsung lama sehingga memerlukan tindakan tertentu. Perawatan saraf terjepit bisa bervariasi, yaitu bergantung pada seberapa rasa sakit yang dirasakan.

Berikut adalah sejumlah tindakan yang umum dilakukan:

1. Istirahat Umumnya, dokter akan meminta pasien untuk mengistirahatkan bagian yang sakit dan menghindari aktivitas-aktivitas yang berpotensi menyebabkan tekanan pada saraf. Baca juga: Viral Tempe Kedelai Kuning Lebih Baik dari Tempe Kedelai Putih, Benarkah?

2. Minum obat pereda nyeri Selain istirahat, dokter juga biasanya memberikan obat-obatan berikut: Aspirin, ibuprofen, dan naproxen untuk mengurangi pembengkakan Kortikosteroid oral untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak Injeksi steroid untuk mengurangi bengkak

3. Terapi fisik Perawatan saraf terjepit juga bisa dilakukan dengan melakukan terapi fisik, yaitu melalui latihan yang memperkuat dan meregangkan otot di area yang terdampak untuk mengurangi tekanan pada saraf. Terapis juga mungkin akan merekomendasikan cara lain agar Anda tidak lagi mengalami saraf terjepit. 

4. Operasi Pada kasus yang berat, dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk menekan saraf. Namun demikian, jenis operasi yang dilakukan tidak selalu sama, yaitu bergantung pada lokasi saraf terjepit.

Selain itu terdapat juga beberapa pencegahan agar terhindar dari saraf kejepit, seperti; Pertahankan posisi yang baik, jangan menyilangkan kaki atau berbaring di satu posisi dalam waktu lama. Masukkan latihan kekuatan dan fleksibilitas ke dalam program latihan rutin. Batasi aktivitas berulang dan sering-seringlah beristirahat ketika terlibat dalam aktivitas ini. Pertahankan berat badan yang sehat.


Sumber: Kompas.com

Follow us: https://www.instagram.com/ayosehat_kompastv/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.