Kompas TV saintek teknologi

Simak, 3 Cara Ini Bikin Keamanan Akun Gmail Anda Tidak Mudah Ditembus Peretas

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 07:30 WIB
simak-3-cara-ini-bikin-keamanan-akun-gmail-anda-tidak-mudah-ditembus-peretas
Cara melihat password Gmail sendiri di Ponsel dan Laptop. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa waktu lalu, Google meluncurkan sebuah cara baru untuk login pada Gmail, yang diklaim lebih mudah dan aman dibanding sebelumnya.

Cara baru ini membuat pengguna akun Gmail tidak hanya dapat login menggunakan password (kata sandi), tetapi juga passkey (kunci sandi).

Sebagai gambaran, password merupakan jenis kata sandi yang berbentuk huruf, gabungan huruf dan angka, atau bisa digabung dengan simbol. 

Sementara itu, passkey adalah jenis kata sandi yang memungkinkan pengguna login sama seperti membuka kunci (unlock) di ponsel pintar.

Terdapat beberapa jenis passkey yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu terdiri dari pemindai sidik jari (fingerprint), pemindai wajah (face scan), hingga kode PIN. Mungkin terlihat lebih mudah, namun tingkat keamanannya justru lebih tinggi ketimbang cara login yang lama. 

Google berupaya untuk meningkatkan keamanan dalam rangka untuk menghindari penggunanya dari kasus peretasan atau pencurian data.

Pengguna tetap dapat menggunakan password untuk melindungi akun Google ataupun Gmail, sehingga bisa dikatakan bahwa kehadiran passkey tidak menggeser posisi password

Baca Juga: Google Hapus Akun Gmail yang Sudah Tidak Aktif Selama Dua Tahun, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Selain itu, perlu diingat bahwa apabila pengguna memiliki email atau surel yang terdaftar di Gmail, alamat email dan kata sandi tersebut juga bisa dipakai untuk mengakses layanan Google yang lain, seperti Youtube, Google Maps, Meet, Drive, Calendar, Photos, News, dan masih banyak lagi..

Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan akun Google, pastikan bahwa akun Gmail Anda aman.

Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan akun Google Anda. 

Cek performa keamanan akun Google

Anda bisa mengunjungi laman https://myaccount.google.com/ melalui komputer atau laptop, untuk mengukur seberapa aman akun Google Anda.

Setelah itu, pilihlah “Security Checkup”. Pada halaman tersebut akan terlihat beberapa indikator yang harus Anda penuhi agar akun Google bisa terjamin aman. Google setidaknya mencantumkan enam syarat yang harus dipenuhi.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pengguna.

  • Your devices: smartphone/perangkat mana saja yang melakukan login ke akun Google. Anda bisa menghapus daftar perangkat anonim yang bukan milik Anda 

  • Recent security activity: mendeteksi dan memberi notifikasi tentang perangkat mencurigakan yang melakukan login akun 

  • Google 2-step verification: daftar perangkat yang sudah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di akun 

  • Google Third-party access: daftar aplikasi pihak ketiga yang diberikan izin mengakses data pengguna 

  • Google Gmail settings: terdapat pengaturan Gmail yang spesifik, seperti mengatur akun Gmail mana saja yang diblokir dan sebagainya 

  • You saved passwords: daftar kata sandi dari situs di internet dan aplikasi yang disimpan pengguna di Google

Akun anda bisa dikatakan terjamin aman apabila Anda dapat memenuhi setiap kriteria dan terdapat ikon perisai berwarna hijau di bagian atas persyaratan. 

Begitupun sebaliknya, jika ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi, ikon tersebut bakal berubah warna menjadi oranye atau jingga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x