Kompas TV saintek teknologi

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Edit Pesan 15 Menit usai Dikirim

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 06:00 WIB
fitur-baru-whatsapp-bisa-edit-pesan-15-menit-usai-dikirim
WhatsApp memperkenalkan fitur pengeditan pesan. Nantinya, pesan dapat diedit kembali maksimal 15 menit setelah dikirim. (Sumber: whatsapp.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - WhatsApp akhirnya mengumumkan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu, pengeditan pesan.

Mark Zuckerberg mencatat dalam sebuah unggahan di Facebook bahwa pengguna sekarang dapat mengubah pesan dalam waktu 15 menit setelah mengirimnya.

Jika ingin melakukannya, Anda dapat menekan dan menahan pesan, lalu ketuk opsi edit untuk mengubah pesan tersebut. Pesan yang sudah diedit akan memiliki tanda "diedit" di samping cap waktu untuk menandai perubahan.

Namun, aplikasi ini tidak akan menyimpan riwayat koreksi. Pengguna lain tidak akan dapat melihat versi sebelumnya dari pesan yang sudah diedit.

Baca Juga: Layanan Instagram Mulai Bisa Diakses untuk Sebagian Pengguna, Pemulihan Dilakukan Bertahap

"Kami sangat senang bahwa Anda sekarang memiliki lebih banyak kontrol atas obrolan Anda, seperti memperbaiki ejaan atau menambahkan konteks lebih lanjut ke sebuah pesan," tulis unggahan blog WhatsApp, Senin (22/5/2023). 

"Untuk ini, dalam waktu 15 menit setelah mengirim pesan, Anda harus menekan dan menahan pesan tersebut, kemudian memilih opsi 'Edit' dari menu."

Hingga saat ini, pengguna harus menghapus pesan sepenuhnya atau mengirim koreksi dalam pesan terpisah. Tahun lalu, aplikasi obrolan ini meningkatkan batas waktu untuk menghapus pesan dari dua hari (48 jam) menjadi 60 jam.

Konkuren WhatsApp seperti Telegram dan Signal telah lama menawarkan kemampuan untuk mengedit pesan. Dengan iOS 16, Apple juga memperkenalkan kemampuan untuk mengedit dan menghapus pesan yang dikirim melalui iMessage.

Baca Juga: Fitur Lock Chat WhatsApp Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Bahkan, Twitter memperkenalkan tombol edit untuk pengguna berbayar tahun lalu. Meskipun batas waktu untuk mengubah pesan tidak sebesar jendela 48 jam di Telegram, itu masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Meta mengatakan bahwa fitur ini sudah mulai diperkenalkan kepada pengguna dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang.


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.