Kompas TV religi agama

Kisah Taher Petani Kopi Gayo Berusia Seabad, Jual Tanah untuk Lunasi Biaya Haji

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 10:29 WIB
kisah-taher-petani-kopi-gayo-berusia-seabad-jual-tanah-untuk-lunasi-biaya-haji
Muhammad Taher Abdusaalam merupakan jemaah haji Aceh tertua asal Gayo Lues. Ia terbang menuju Arab Saudi, Senin, 29 Mei 2023, melalui bandar udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Meski usianya sudah seabad, kondisi fisik Taher terbilang masih sehat. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Ibadah haji merupakan kewajiban setiap Muslim yang mampu, baik secara harta maupun fisik. Kesadaran akan hal itulah yang membuat Muhammad Taher Abdussalam yang berusia 100 tahun, tetap bersemangat menunaikan ibadah haji.

Taher merupakan jemaah haji Aceh tertua asal Gayo Lues. Ia terbang menuju Arab Saudi, Senin, 29 Mei 2023, melalui bandar udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Meski usianya sudah seabad, kondisi fisik Taher terbilang masih sehat.

Muhammad Taher tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) BTJ-06 bersama jemaah lain dari Gayo Lues, Bireuen dan Lhokseumawe. Pria kelahiran Tampeng, Gayo Lues tahun 1923 ini berangkat sendiri tanpa didampingi keluarganya.

"Insya Allah saya sanggup untuk menjalankan ibadah haji tahun ini," kata Taher dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Senin (29/5/2023).

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), pria yang sudah dikaruniai enam orang anak ini mendaftar haji pada tanggal 14 Oktober 2014.

Baca Juga: Calon Haji Asal Madiun Meninggal di Arab Saudi, Dimakamkan di Madinah

Muhammad Taher sudah dua kali gagal berangkat ke tanah suci. Pertama saat pandemi Covid-19 melanda dunia dan tahun lalu saat pemerintah Arab Saudi masih membatasi umur jemaah maksimal 65 tahun.

Maka, musim haji kali ini menjadi tahun yang luar biasa menyenangkan bagi Muhammad Taher. Ia akhirnya bisa menuju tanah suci untuk menjalankan ibadah haji untuk pertama kalinya.


 

Muhammad Taher rela menjual tanahnya untuk melunasi Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x