Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Qunut Subuh Sendirian dan Salat Berjamaah, Berikut Tata Caranya

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 04:55 WIB
bacaan-doa-qunut-subuh-sendirian-dan-salat-berjamaah-berikut-tata-caranya
Ilustrasi. Bacaan doa qunut subuh (Sumber: muhammadiyah.or.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Doa qunut subuh adalah bacaan pelengkap dalam salat dianggap sebagai doa untuk memohon berkah, ampunan, dan perlindungan kepada Allah SWT. 

Doa qunut dibaca sesudah i’tidal pada rakaat terakhir atau rakaat kedua salat subuh.

Ada perbedaan pendapat ulama terkait hukum membaca doa qunut subuh. Melansir Gramedia, pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad menganggap keberadaan doa qunut subuh ini hukumnya tidak disunnahkan.

Hal karena dalam hadits diungkapkan, Rasulullah SAW pernah melakukan doa qunut pada saat salat Fajar selama sebulan, namun telah dihapus (mansukh) dengan ijma’. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud:

Artinya: “Diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud: Bahwa Nabi SAW telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi SAW meninggalkannya.” (H.R. Muslim)

Meskipun demikian, doa qunut subuh ini masih dilaksanakan oleh sebagian besar umat muslim, khususnya di Indonesia. 

Menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah), doa qunut subuh ini hukumnya adalah sunnah tetapi disyaratkan untuk pelan-pelan saja. 

Adapun menurut Syafa’iyyah, doa qunut subuh hukumnya adalah sunnah ab’ad (jika lupa tertinggal atau sengaja ditinggal, disunatkan sujud sahwi) dilakukan pada rakaat kedua di salat subuh. 

Hal tersebut karena Rasulullah SAW ketika mengangkat kepala dari ruku’ pada rakaat kedua salat subuh, juga membaca qunut.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Minggu 26 Maret 2023 untuk DKI Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan

Bacaan Doa Qunut Subuh

1. Doa Qunut Subuh Sendiri Versi Pendek

Berikut bacaan doa qunut subuh versi pendek jika salat seorang diri.

Bacaan doa qunut subuh versi pendek (Sumber: Kompas TV)

Allahummah dinii fii man hadairs, wa 'aafiinii fii man 'aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a'thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa 'alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta'aalaits.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x