Kompas TV regional berita daerah

BBPOM Bantu Alat PCR, Targetkan 100 Uji Sampel Swab per Hari

Kompas.tv - 24 Juni 2020, 16:04 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Salah satu upaya membantu pemerintah daerah dalam percepatan penanganan Covid-19, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BBPOM Kota Bandar Lampung menyediakan alat tes Polymerase Chain Reaction atau PCR.

BBPOM menargetkan pengoperasian PCR mampu menguji hingga 100 sampel per harinya. Selain itu BPOM juga masih akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk menghubungkan hasil uji swab itu ke Kementerian Kesehatan.

Komitmen untuk membantu percepatan test terhadap warga yang terindikasi Covid-19 ini sesuai arahan Kepala BPOM RI, sebagai lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia, BPOM mampu membantu pemerintah daerah untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Jika telah beroperasi, PCR hanya membutuhkan waktu 2 hingga 5 jam untuk mengetahui hasil Swab apakah positif atau negatif.

Baca Juga: Dinkes Lampung : Jumlah Pasien DBD Menurun

Untuk memaksimalkan pengoperasian PCR ini, Pihak BPOM juga menyiapkan 30 Petugas laboratorium yang terdiri dari tim persiapan, logistik, pengendali ruangan, limbah dan tim pengujian.

#PCR #Swab #BBPOM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x