Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Lokananta Bersolek, Puan Maharani Berharap Bisa Jadi Tempat Berkumpulnya Anak Muda

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 06:20 WIB
lokananta-bersolek-puan-maharani-berharap-bisa-jadi-tempat-berkumpulnya-anak-muda
Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Museum Lokananta di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Instagram @puanmaharaniri)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Museum Lokananta di Solo, Jawa Tengah, yang merupakan warisan indrustri rekaman Indonesia. Ia pun berharap, Lokananta yang telah bangkit dan bersolek bisa menjadi tempat berkumpul anak-anak muda agar prestasi musik tanah air bisa semakin gemilang.

Puan mengunjungi Museum Lokananta yang berada di Jl. Ahmad Yani, Kerten, Laweyan, Solo, Sabtu (10/6/2023). 

Politikus PDI Perjuangan itu datang ke Lokananta yang baru direvitalisasi didampingi oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

“Saya sangat gembira hari ini, berada di sini, di Museum Lokananta, yang merupakan warisan budaya kita yang sangat berharga. Lokananta adalah simbol sejarah dan peradaban musik kita, yang telah memberikan kontribusi besar bagi perjalanan seni dan budaya di Indonesia,” kata Puan dalam rilis yang diterima Kompas TV.

Lokananta adalah perusahaan musik pertama dan satu-satunya milik negara yang memiliki banyak koleksi musik legendaris berformat piringan hitam maupun kaset pita. 

Lebih dari itu, Lokananta juga memiliki studio rekaman yang masih bisa digunakan hingga saat ini.

Studio rekaman di Lokananta masih tetap mempertahankan produksi analog untuk musik-musiknya yaitu dengan memproduksi musik dalam format kaset pita. 

Puan pun berharap, Lokananta bisa kembali berjaya setelah direvitalisasi oleh Pemerintah.

“Museum ini, sebagai rumah bagi rekaman musik tertua di Indonesia, adalah monumen untuk keberagaman dan kreativitas yang mencengangkan dari bangsa kita," tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga diajak tur museum yang dipandu oleh seniman yang juga pengasuh Lokananta, Anggit Wicaksono.

Puan meninjau sebuah ruangan yang menampilkan linimasa sejarah Lokananta. Di ruangan tersebut juga terdapat display set gamelan Lokananta Kyai Sri Kuncoro Mulyo.

Gamelan itu konon telah ada sejak jaman Pangeran Diponegoro dan diboyong ke Solo pada 1937. 

Selain itu, Puan juga melihat diskografi yang merupakan koleksi piringan hitam kuno musik-musik lokal bersejarah yang ditata secara rapi.

Adapula diorama sejarah karya Gesang, gramofon pertama era rilis Bengawan Solo. Melihat ini, Puan tampak sangat senang apalagi ada yang menyanyikan lagu Bengawan Solo sehingga suasana semakin syahdu.

Baca Juga: Agendakan Pertemuan Dengan Demokrat, PDI-P: Puan Akan Bertemu AHY, Tak Ada Salahnya Dialog



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x