Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kekeringan, Petani di Brebes Pakai Air Comberan untuk Irigasi

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Memasuki musim kemarau yang berlangsung beberapa minggu lalu, kondisi areal pertanian di wilayah Pantura Brebes mulai mengering. Beberapa jenis tanaman petani seperti bawang terancam mati akibat tidak terairi irigasi.

Untuk mempertahankan tanamannya agar tetap hidup hingga panen, petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggunakan mesin pompa untuk menyedot air. Mereka memanfaatkan air limbah buangan untuk mengairi tanaman mereka.

Meski air buangan tersebut kotor berbusa dan berbau, petani tetap menggunakannya untuk irigasi. Hal ini karena di daerah tersebut semua sumber air telah mengering. Mereka berani mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan air limbah.

Selama masa tanam selama dua bulan, petani harus memompa air limbah dua hari sekali. Menurut petani, sekali pompa diperlukan bahan bakar sebanyak lima sampai tujuh liter sekali siram. Penggunaan bahan bakar bisa meningkat tergantung luasan lahan.

"Sungainya kering, jadi air tidak sampai ke sawah. Irigasi tidak ada, adanya air comberan. Sudah setengah bulan air irigasi tidak mengalir, padahal butuh banyak untuk tanam bawang," kata Agni, petani.

Saat ini petani di wilayah tersebut hanya mengandalkan air dari limbah rumah tangga. Meski kotor, air limbah ini diandalkan karena ketersediaannya selalu terjamin. Selama ada aktivitas warga kota, air limbah akan terus ada di saluran tersebut.

#brebes #petanibawang #kekeringan

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x