Kompas TV regional sumatra

Duduk Perkara Pemkot Jambi laporkan Siswi SMP dan Klarifikasi Kabag Hukum, Berawal dari Kritik

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 14:15 WIB
duduk-perkara-pemkot-jambi-laporkan-siswi-smp-dan-klarifikasi-kabag-hukum-berawal-dari-kritik
Tangkapan layar akun Tiktok Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP yang dilaporkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAMBI, KOMPAS.TV –  Menteri Koordinator  Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD akan mendampingi Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi sekolah menengah pertama (SMP) yang dilaporkan ke polisi oleh Pemkot Jambi.

Pelaporan terhadap Syarifah tersebut berawal dari kritik yang dilontarkan oleh Syarifah terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, melalui video yang diunggah di akun Tiktok @fadiyahalkaff.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Selasa (6/6/2023), dalam videonya, siswi SMP ini mengkritik Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan salah satu perusahaan karena diduga melanggar Perda Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Angkutan Jalan.

Menurut Fadiyah, dugaan pelanggaran Pemkot Jambi dan perusahaan tersebut setelah penandatanganan nota kerja sama dengan surat nomor 02/PKS/HKU2019.

Saya menyuarakan untuk keadilan nenek saya, seorang pejuang kemerdekaan RI yang dizalimi rumah dan sumurnya dirusak berkali-kali oleh perusahaan China yang bekerja sama dengan Pemkot Jambi yang tidak bertanggung jawab ini," ujar Fadiyah, dalam salah satu videonya.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD akan Lindungi Siswi SMP yang Dipolisikan Usai Kritik Pemkot Jambi

Selama hampir 10 tahun, menurutnya Pemkot Jambi mengizinkan truk bertonase lebih dari 20 ton melintasi jalan warga, hingga membuat rumah neneknya, Habsah, rusak.

Padahal, kata dia, seharusnya jalan tersebut hanya diperuntukan bagi kendaraan berbobot 5 ton.

Dalam videonya, ia juga mengritik perusahaan yang semestinya fokus pada pembangkit listrik tenaga uap, tapi malah menjadi perusahaan kayu hutan.

Akibat dari mobil bertonase besar yang melebihi kapasitas jalan. Selain dari rusaknya hutan yang menjadi gundul dan hilangnya habitat hewan, sehingga jadi longsor, banjir, bahkan setiap tahun hampir terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan juga merusak rumah dan sumur nenek Habsah. Berkali-kali beliau perbaiki sendiri tanpa ada bantuan dari perusahaan tersebut,” kata Fadiyah.

Fadiyah juga mengunggah video lain berjudul "Klarifikasi Surat dari Kerajaan Firaun Pemkot Jambi".

Ia menjawab sejumlah klarifikasi yang disampaikan Pemkot Jambi sebelumnya. Di video itu, Fadiyah sempat terdengar menyebut kalimat "pemkot jambi isinya iblis semua".

Dalam video lain yang berdurasi 1 menit 47 detik, Fadiyah menceritakan saat dirinya memenuhi panggilan Tim Siber Kepolisian Daerah Jambi pada 2 Juni 2023.

Menurutnya, ia mengira panggilan itu berkaitan dengan laporannya terhadap akun Instagram @debiceper23.

Namun, saat bertemu dengan kuasa hukum yang disediakan oleh Polda Jambi, yakni Evi, Fadiyah terkejut.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x