Kompas TV regional berita daerah

Warga Gotong Keranda Jenazah Seberangi Sungai

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 13:04 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi warga Pekon Pemerihan, Kabupaten Pesisir Barat Lampung yang harus menyeberangi sungai dengan menggotong keranda jenazah demi bisa menuju tempat pemakaman umum.

Hal ini terpaksa dilakukan warga lantaran tidak adanya akses jembatan menuju tempat pemakaman umum. Kondisi ini tentu sangat ironis, terlebih saat kondisi hujan dan air sungai meluap maka warga terpaksa merakit batang pisang agar keranda jenazah bisa mengapung dan menyeberangi sungai.

Baca Juga: Deklarasi Relawan Ganjar Diduga Libatkan Siswa SD

Warga sebelumnya sudah mengajukan pembangunan jembatan pada pemerintah setempat, namun hingga kini jembatan yang diharap tak kunjung dibangun.

"Kami sudah mengusulkan waktu ada pertemuan di pekon bahwa jalan menuju ke makam tolong dibikinkan jembatan," ujar Surono (juru kunci makam setempat).

Sementara kepala pekon mengatakan lokasi tempat pemakaman umum desa pemerihan masuk dalam kawasan taman nasional bukit barisan yang sudah memberi izin untuk pembangunan jembatan.

Namun kendala yang dihadapi warga ialah dana desa yang terbatas sehingga pembangunannya belum terwujud.

"Ada kendala, anggaran pemerintah pekon ini kemungkinan sangat minim," tambah Subantoro (Kepala Pekon Pemerihan).

Warga berharap ada upaya cepat Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk merealisasikan pembangunan jembatan penghubung 2 sisi sungai agar mempermudah akses menuju lokasi tempat pemakaman umum desa pemerihan.

#jembatan #pesibar #pemakaman

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x