Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kronologi Bentrok di Tamansiswa Yogyakarta, Berawal dari Keributan di Parangtritis

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 22:57 WIB
kronologi-bentrok-di-tamansiswa-yogyakarta-berawal-dari-keributan-di-parangtritis
Suasana kerusuhan di Jalan Tamansiswa, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, Minggu (4/6/2023) malam. (Sumber: Tribun Jogja/Taufiq Syarifudin)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut kronologi bentrok di Tawansiswa, Kemantren Umbulharjo, Yogyakarta, pada Minggu (4/6/2023) malam.

Dilansir dari Tribun Jogja, bentrokan tersebut pecah karena berawal dari keributan yang terjadi di di Parangtritis, Kalurahan Kretek, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Minggu (28/5/2023) pekan lalu.

Kemudian pada Minggu (4/6/2023) sore sekitar Pukul 17.00 WIB, di Jalan Kenari datang rombongan berjumlah ratusan orang yang disebut untuk menindaklanjuti permasalahan yang terjadi di Parangtritis.

Massa tersebut kemudian diadang oleh jajaran kepolisian dari Polsek Umbulharjo, Polresta Yogyakarta, Satuan Brimob Polda DIY, serta personel Koramil 0734/07 Umbulharjo agar tidak terjadi bentrok.

Pada Pukul 17.30 WIB, pihak keamanan pun mengarahkan massa untuk keluar dari wilayah Jalan Kenari untuk menghindari keributan.

Sekitar Pukul 17.46 WIB, massa didorong untuk menuju arah Jalan Kusumanegara.

Baca Juga: Bentrokan Pecah di Jalanan Yogyakarta, Ini Kata Polresta

Lalu pada Pukul 18.15 WIB, massa diarahkan ke Jalan Tamansiswa. Pukul 18.55 WIB, massa kemudian diminta putar balik ke arah utara Jalan Tamansiswa guna menghindari bentrok.

Hingga saat ini, massa bertahan di sepanjang Jalan Taman Siswa dan mematikan sepeda motor.

Laporan terbaru pada sekitar Pukul 20.42 WIB, suasana di Jalan Tamansiswa masih mencekam.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan pun sudah datang ke lokasi untuk menenangkan massa.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, terjadi bentrok di Tamansiswa, Yogyakarta yang melibatkan dua pihak pada Minggu (4/6/2023).

Dengan adanya bentrokan itu, pihak polisi saat ini masih siaga di sejumlah titik rawan.

"Informasi pastinya belum dapat kami sampaikan. Tetapi yang jelas pihak kepolisian sudah melakukan pengamanan di sejumlah titik rawan," kata Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja. 

Baca Juga: Habiskan Libur Panjang di Yogyakarta, Jokowi Kunjungi Warung Kopi Klotok


 



Sumber : Tribun Jogja

BERITA LAINNYA



Close Ads x