Kompas TV regional sumatra

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Jembatan Emas Bangka Belitung

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 08:44 WIB
bendera-merah-putih-raksasa-berkibar-di-jembatan-emas-bangka-belitung
Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Jembatan Emas Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Pemprov Bangka Belitung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

BANGKA BELITUNG, KOMPAS.TV - Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, masyarakat Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), membentangkan bendera merah putih dengan ukuran raksasa, sepanjang 78 meter, di area ikonik Jembatan Emas pada Kamis (1/6/2023).

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan bendera tersebut tidak hanya besar dalam ukuran, tetapi juga dalam makna.

"78 adalah usia Republik Indonesia, dan 23 merupakan usia Provinsi Bangka Belitung," jelas Suganda dikutip dari Kompas.com, Jumat (2/6).

Baca Juga: Rayakan Hari Lahir Pancasila, Petugas SPBU Kenakan Pakaian Adat Nusantara

Pengibaran bendera merah putih raksasa ini bertujuan untuk mengingatkan setiap individu akan pentingnya rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Pancasila.

"Pancasila ini adalah ideologi bangsa ini dan harus ada di dalam sanubari setiap warga negara," ungkap Suganda.

Jembatan Emas dipilih sebagai lokasi pengibaran bendera karena meruapakan simbol untuk mengenalkan salah satu ikon pariwisata di Bangka Belitung kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pesan Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila: Tolak Politik Identitas di Pemilu 2024!

Dengan kehadiran jembatan ikonik ini, wisatawan yang melintasi jembatan dapat menikmati keindahan pantai sekitar dan suasana setempat.


 

Suganda berharap bahwa kegiatan ini dapat merubah citra pascatambang dengan mempromosikan pariwisata.

"Bangka Belitung memiliki segudang tempat wisata menarik. Mudah-mudahan tradisi yang baik ini bukan hanya untuk yang pertama dan terakhir," tuturnya.

Baca Juga: Ratusan Pelajar Ikuti Pawai Lampion Peringati Hari Lahir Pancasila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.