Kompas TV regional berita daerah

Polres Bogor Terapkan Ganjil-Genap di Puncak hingga 4 Juni, Bagaimana Wilayah Lain?

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 08:25 WIB
polres-bogor-terapkan-ganjil-genap-di-puncak-hingga-4-juni-bagaimana-wilayah-lain
Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV- Untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Luncak, Bogor, Kepolisian Resor Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap di jalur wisata Puncak, mulai Rabu (31/5/2023) sore, hingga Minggu (4/6). Lantaran selama periode tersebut merupakan Long Weekend. 

“Sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 sistem ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional,” kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, seperti dikutip dari laman resmi NTMC Polri.

Ardian memprediksi puncak peningkatan volume kendaraan pada momentum libur panjang terjadi pada hari ini Jumat 2 Juni 2023.

Namun, apabila terjadi peningkatan volume kendaraan secara signifikan, maka pihak Kepolisian akan menerapkan rekayasa lalin berupa sistem satu arah secara bergantian di Jalur Puncak.

Baca Juga: Long Weekend ke Monas, Ini Jadwal Air Mancur Menari dan Video Mapping 1-4 Juni 2023

“Kemungkinan (kepadatan) mulai Jumat sore sampai malam, tapi kami masih melihat situasi. Apabila ada kepadatan kita terapkan one way,” ujarnya. 

Hal itu sudah diterapkan pada Kamis (1/6) pagi kemarin. 

“Kami melaporkan update situasi di kawasan wisata Puncak pada hari pertama liburan long weekend ini untuk arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak terjadi peningkatan dibanding hari biasa,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, Kamis (1/6). 

“Oleh karena itu, baru saja kita melaksanakan one way arah Puncak setelah sebelumnya kita melaksanakan ganjil genap yang dimulai dari kemarin,” tambahnya.

One way akan dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di Puncak. One way diterapkan jika volume kendaraan meningkat.

Baca Juga: Momen Bersejarah Pesawat Terbesar di Dunia Mendarat di Bali, Sekali Angkut Muat 615 Penumpang

“Kita lihat apabila diperlukan atau dibutuhkan pelaksanaan one way, kita akan mainkan,” terangnya.

Biasanya, pagi hari dilaksanakan one way ke arah atas atau Puncak. Sementara, pada siang hari dilaksanakan one way ke arah bawah atau Jakarta.

“Jadi biasanya pagi hari kita laksanakan one way arah atas untuk melakukan penarikan arus, sedangkan siang hari untuk pengurasan arus kita tarik ke bawah,” jelasnya.


 

Sebanyak 200 personel kepolisian disiagakan selama masa long weekend di Jalan Raya Puncak sepanjang 22 Km (kilometer). Terdapat empat pos pengamanan yang disiapkan.

Rekayasa lalu lintas di Gunungkidul



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x