Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Kudus Swadaya Bangun Jembatan Permanen

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Warga Dukuh Delok, Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah secara gotong royong membuat jembatan penghubung antar dukuh dengan menggunakan dana swadaya dari masyarakat.

Sebelumnya jembatan yang memiliki panjang 32 meter ini terbuat dari bambu. Namun karena sering rusak sebagai dampak musim penghujan akhirnya warga memutuskan secara bertahap membangun jembatan secara permanen.

Sebelum dibangun secara swadaya, warga sudah beberapa kali mengajukan pembangunan jembatan permanen kepada pemerintah desa, namun tidak pernah direalisasikan karena alasan jaraknya terlalu dekat dengan jembatan di kampung sebelah.

"Di wilayah RT 4, satu wilayah RT tapi terpisah dengan sungai, agar penghubung antar warga lebih dekat, sehingga dibuat jembatan, " kata Eko Ristanto, Ketua RW.

Sementara itu, menurut salah satu warga keberadaan jembatan ini sangat membantu warga setempat. Sebelum ada jembatan ini warga harus memutar jauh untuk menyeberang ke kampung sebelah.

"Meringankan untuk masyarakat, dari hubungan sana ke sana bisa menyatukan. Sebelumnya, kita harus memutar jauh " ujar Kasri, warga RT 04 RW 5  

Pembangunan jembatan ini ditaksir menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta. Selain mengumpulkan dana swadaya dari masyarakat, warga juga mengharap bantuan dari para donatur agar pembangunan jembatan ini cepat selesai.

#swadayabangunjembatan #kudus #jawatengah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x