Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mesin Mati di Tanjakan, Bus Berisi 34 Wisatawan Asal Malang Terguling di Gunungkidul

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 14:23 WIB
mesin-mati-di-tanjakan-bus-berisi-34-wisatawan-asal-malang-terguling-di-gunungkidul
Satu unit bus wisata yang mengangkut 34 wisatawan asal Malang, Jawa Timur, terguling di Jalan Pantai Ngobaran-Nguyahan, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Polsek Saptosari)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA,KOMPAS.TV – Satu unit bus wisata yang mengangkut 34 wisatawan asal Malang, Jawa Timur, terguling di Jalan Pantai Ngobaran-Nguyahan, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (1/6/2023) sekitar puluk 09.30 WIB akibat mesin bus tersebut mati saat melaju di tanjakan.

Berdasarkan data sementara sebanyak tiga penumpang bus mengalami luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Saptosari, AKP Kusnan Priyono, Kamis (1/6/2023), menyebut korban luka sudah dibawa ke rumah sakit.

"Ada 3 orang penumpang yang seluruhnya perempuan mengalami luka ringan, dan kini dirawat di RSUD Saptosari," kata dia, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Iring-Iringan Mobil Dinas Wabup Pangandaran Kecelakaan Beruntun, 4 Orang Terluka!

Menurut Kusnan, rombongan wisatawan dari Malang itu hendak berwisata di Pantai Ngobaran. 

Namun, saat tiba di tanjakan, mesin bus bernomor polisi N 7899 UF tersebut tiba-tiba mengalami mati mesin lantaran tak kuat menanjak.

"Bus lalu mundur menabrak pondasi rumah warga sekitar lalu terguling ke kiri," kata Kusnan.

Warga di sekitar lokasi segera memberikan pertolongan kepada penumpang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian ditaksir mencapai Rp 35 juta.


Sementara itu, sejumlah bagian bus mengalami kerusakan akibat kecelakaan itu, di antaranya kaca bagian depan dan belakang pecah.

Lalu, penumpang yang tidak terluka tetap melanjutkan perjalanan ke Pantai Ngobaran. Mereka diantar menggunakan kendaraan dari Rest Area Taman Saptosari.

Baca Juga: Terekam CCTV! Detik-Detik Mobil Pikap Terbakar saat Isi BBM di SPBU Gunungkidul

"Bus nantinya akan dievakuasi, dibantu relawan komunitas jeep Gunungkidul," kata Kusnan.

"Untuk jalan sudah bisa dilewati, namun untuk bus menuju wilayah pantai Ngobaran, Ngrenehan, dilarang karena penyempitan menunggu proses evakuasi," kata dia.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x