Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ganjar Pranowo Resmikan Monumen Pancasila di Boyolali, Ajak Perangkat Desa Gali Sejarah

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 14:22 WIB
ganjar-pranowo-resmikan-monumen-pancasila-di-boyolali-ajak-perangkat-desa-gali-sejarah
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Bupati Boyolali M Said Hidayat meresmikan Monumen Pancasila di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jateng, hari ini, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meresmikan Monumen Pancasila di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jateng, hari ini, Kamis (1/6/2023).

Ganjar yang didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat meresmikan Monumen Pancasila dengan menandatangani prasasti.

Monumen itu dilengkapi dengan patung Garuda megah menghadap Gunung Merapi. Patung ini terbuat dari tembaga dan kuningan kerajinan Desa Tumang. 

Di sisi kiri dan kanan patung Garuda dibangun dinding dengan aksen tertentu. Dinding sebelah kanan dilengkapi dengan aksen lambang sila pertama hingga kelima.

Sementara itu, dinding sebelah kiri patung Garuda dilengkapi dengan aksen tulisan sila pertama hingga kelima.

Di sisi selatan patung, terdapat 15 kios yang nantinya akan diisi dengan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal Kecamatan Cepogo. Satu kios akan disediakan khusus bagi masyarakat penyandang disabilitas Kecamatan Cepogo.

Peresmian monumen tersebut dilaksanakan usai pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Cepogo yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, Boyolali.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Bakal Cawapresnya Segera Diumumkan, Ini Bocorannya!

Saat menjadi inspektur upacara, Ganjar mengajak aparatur pemerintah daerah, khususnya kepala desa di Provinsi Jateng, untuk menggali sejarah desanya masing-masing.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.