Kompas TV regional berita daerah

2 Ekor Anak Beruang Madu Lahir di Lembah Hijau

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 12:56 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Beruang madu yang ada di Taman Konservasi Lembah Hijau Lampung kembali melahirkan 2 ekor anak secara alami atau normal.

Indukan beruang madu yang bernama Preti dan Wiro ini terpantau melakukan perkawinan di tahun 2022 dan melahirkan pada April 2023.

Baca Juga: Warga Minta Perbaikan Jalan Raflesia Tidak Hanya Ditambal

Kali ini kedua bayi beruang madu dalam kondisi sehat dan masih dilakukan pantauan oleh tim medis di Lembah Hijau.

"Beruang ini akan berada di kandang selama 1 setengah tahun sampai anaknya bisa mencari makan serta bersosialisasi dengan beruang lain," kata  Allyndria, Dokter Hewan Taman Satwa Lembah Hijau.

Kelahiran bayi beruang madu di kawasan Taman Konservasi Lembah Hijau ini dinilai sebuah keberhasilan dalam melakukan pengembangbiakan dan pelestarian yang masuk dalam kategori satwa dilindungi.

Sehingga diharapkan kedepannya, tidak hanya beruang madu melainkan satwa lainnya juga bisa berkembang biak.

"Suatu keberhasilan bagi lembah hijau karena bukan hanya bisa mengoleksi satwa melainkan juga berhasil mengembangbiakan. Beruang madu ini sudah kelahiran yang keempat, luar biasa ini," tambah Djoko Susilo, Kasi Bksda Wilayah III Bengkulu-Lampung.

Diketahui saat ini populasi beruang madu terus menurun dan habitatnya terancam punah. Oleh sebab itu, saat ini beruang madu masuk dalam kategori satwa dilindungi berdasarkan Undang-Undang No 5 Tahun 1990 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

#beruangmadu #lembahijau #satwa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x