Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kompolnas Sebut Atasan Polisi yang Tembak Pemuda di Gunungkidul hingga Tewas Perlu Diperiksa

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 20:37 WIB
kompolnas-sebut-atasan-polisi-yang-tembak-pemuda-di-gunungkidul-hingga-tewas-perlu-diperiksa
Benny Mamoto dalam Kompas Petang, Senin (15/5/2023) mempertanyakan sejumlah hal berkaitan kasus meninggalnya seorang warga di Gunungkidul, Yogyakarta karena terkena tembakan senjata api. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Atasan dari anggota polisi yang menembak seorang pemuda di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga tewas perlu diperiksa juga.

Pendapat itu disampaikan oleh Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto dalam dialog Kompas Petang di Kompas TV, Senin (15/5/2023).

“Betul. Kalau menurut saya, dalam konteks pengawasan melekat, maka atasan dari yang bersangkutan juga harus dilakukan pemeriksaan,” ujar Benny.

“Apakah memberikan arahan pada anggotanya ketika mau memberi tugas dalam pengamanan, apakah ngecek membawa peluru tajam berapa, apakah tahu aturannya tentang penggunaan peluru tajam, dan sebagainya,” tuturnya.

Benny juga menyebut, setidaknya ada dua poin dugaan kesalahan pada kasus yang menewaskan seorang warga Gunungkidul tersebut.

Pertama, kata Benny, dugaan kesalahan ada pada penggunaan peluru tajam untuk mengamankan event tersebut.

Baca Juga: Seorang Pemuda di Gunungkidul Tertembak Senjata Api Milik Polisi, Kasusnya Kini Ditangani Polda DIY

“Pertama, tentunya menyangkut penggunaan peluru tajam. Kedua, penggunaan senjata api itu sendiri karena ada prosedurnya ya, bahwa ketika dia akan melepaskan tembakan peringatan mengarah ke mana,” tegasnya.

Benny menambahkan, seharusnya personel yang membawa senjata api mengunci senjata jika sudah mengokangnya.

“Kemudian, berikutnya adalah senjata itu kalau memang sudah dikokang harus dikunci, sehingga nanti kalau mau menggunakan tinggal kuncinya saja dibuka,” kata Benny.

“Pertanyaannya apakah anggota ini sering dilatih dan paham betul temtang penggunaan senjata api atau tidak?,” lanjut Benny.

Berdasarkan hasil penelitian, kata dia, memang ada temuan bahwa masalah keterlatihan penggunaan senjata api kurang mendapat perhatian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x