Kompas TV regional jawa timur

Heboh Emak-Emak di Sumenep Konvoi Motor tanpa Helm, Polisi Langsung Tilang Massal

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 17:52 WIB
heboh-emak-emak-di-sumenep-konvoi-motor-tanpa-helm-polisi-langsung-tilang-massal
Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution menjelaskan, pihaknya menilang emak-emak yang viral konvoi motor tanpa helm itu dengan melacak nomor polisi kendaraan, Kamis (4/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

SUMENEP, KOMPAS.TV - Sejumlah perempuan paruh baya, yang dalam bahasa kekinian disebut "emak-emak", di Sumenep, Jawa Timur ditilang polisi usai viral melakukan konvoi motor tanpa menggunakan helm.

Polres Sumenep menilang sedikitnya 9 perempuan berkerudung kuning yang melakukan konvoi.

Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep langsung melacak dan menilang rombongan emak-emak yang viral di media sosial itu pada Rabu (3/5/2023).

Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution menjelaskan, awalnya polisi mencari identitas emak-emak ini dengan cara melacak nomor polisi di kendaraan yang terekam dalam video viral. 

Selanjutnya, polisi menemui para perempuan itu dan menilang mereka. Polisi juga meminta emak-emak ini untuk membuat surat pernyataan agar tak mengulangi perbuatan mereka lagi.

"Pertama kami lacak identitas kendaraan, setelah dapat, kami temui pelanggar yang kami duga ada di konten tersebut. Setelah ini kami tindak, kami tilang, dan kami suruh buat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan ini kembali," kata AKP Alim, Rabu (3/5)

Baca Juga: Viral Sapi Seruduk Pengantin di Pelaminan, Pengunjung Kocar-kacir, Kameramen Selamat

Salah satu perempuan yang ditilang polisi usai konvoi, Mimin, mewakili rombongannya mengungkapkan permintaan maaf.

"Untuk teman-teman dan Bapak Kapolres, atas nama pribadi dan atas nama teman-teman, kami mohon maaf atas kelalaian kami menggunakan jalan raya tanpa menggunakan helm, dan insyaallah ke depannya saya tidak akan mengulanginya kembali," ucapnya.

Salah satu perempuan yang ditilang polisi usai konvoi di Sumenep, Mimin, mewakili rombongannya mengungkapkan permintaan maaf, Kamis (4/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Ia mengaku melakukan konvoi motor bersama teman-temannya hanya untuk bersenang-senang.

"Untuk senang-senang saja, bareng teman-teman," jawabnya saat ditanya wartawan.

AKP Alim menegaskan, tindakan emak-emak viral yang tak memakai helm saat mengendarai motor di jalan raya itu sangat berbahaya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tak meniru perbuatan emak-emak itu.

"Sebab, selain melanggar lalu lintas, perilaku demikian juga membahayakan dan mengganggu pengendara lain di jalan raya," kata AKP Alim dilansir dari Tribratanews.

Baca Juga: Curhatan Mantan Dokter Residen kepada Menteri Kesehatan yang Viral: Tak Kuat Dirundung Senior


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x