Kompas TV regional sulawesi

Pemkab Demak Gelar Membatik Massal Sekaligus Menunggu Buka Puasa

Kompas.tv - 5 April 2023, 15:58 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

DEMAK, KOMPAS TV - Banyak cara untuk mengenalkan Asmaul Husna atau 99 nama baik Allah SWT kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Demak, Jawa Tengah yakni dengan menggelar membatik Massal Asmaul Husna.

Kegiatan ini sekaligus untuk menunggu waktu berbuka puasa di alun-alun Masjid Agung Demak, Jawa Tengah.

Jika biasanya membatik dengan menggunakan canting, namun untuk kegiatan membatik masal ini dengan menggunakan sistem colet sehingga lebih mudah karena kegiatan ini diikuti oleh segala usia mulai anak-anak hingga dewasa.

Tema batik kali ini adalah Asmaul Husna atau 99 nama-nama Allah SWT. Kegiatan ini juga memadukan antara kegiatan membatik khas daerah Bintoro, Kabupaten Demak dengan seni kaligrafi. Biasanya Asmaul Husna dituangkan dalam seni kaligrafi.

Salah satu peserta mengaku meskipun ia belum pernah membatik, namun dengan metode colet dirinya tidak mengalami kesulitan berarti.

Sementara itu, Bupati Demak Eistianah selain untuk nguri-nguri seni dan budaya batik khas Demak juga untuk mengingatkan masyarakat untuk mengingat Allah SWT dan berbuat baik.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka HUT Kabupaten Demak yang ke 520 tahun ini dilakukan pada sore hari dimaksudkan untuk ngabuburit sambil menunggu saat berbuka puasa.


#membatik
#asmaulhusna
#bukapuasa



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.