Kompas TV regional berita daerah

Erupsi, APG Merapi Mengarah ke Hulu Sungai Boyong

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Erupsi Gunung Merapi yang disertai awan panas guguran (APG) kembali terjadi pada hari Kamis (30/3/2023) petang. Berdasarkan catatan petugas Pos Pemantauan Gunung Merapi, awan panas guguran terjadi sekitar pukul 18.04 WIB, dengan amplitudo 20 milimeter, berdurasi 102 detik.

Diperkirakan, jarak luncur guguran awan panas kali ini sejauh 1.000 meter yang mengarah ke hulu Sungai Boyong di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. BPPTKG Yogyakarta menyebut, jarak luncur awan panas kali ini masih dalam radius aman. Namun, masyarakat perlu mewaspadai hujan abu yang terjadi akibat erupsi Gunung Merapi.

Sebelumnya, erupsi Merapi juga terjadi pada Kamis (30/3/2023) pukul 15.22 WIB, dengan luncuran awan panas guguran sejauh 1.000 meter ke arah hulu Sungai Boyong. Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih berada di level III (siaga), dengan potensi awan panas guguran dari dua titik kubah lava di sisi barat dan tengah kawah.

Pihak BPPTKG Yogyakarta mengimbau warga dan wisatawan tidak melakukan kegiatan di dalam zona bahaya yang direkomendasikan, yaitu radius 7 kilometer dari puncak di sisi barat daya dan 5 kilometer dari puncak di sisi selatan dan tenggara.

#gunungmerapi #erupsimerapi #awanpanasguguran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.