Kompas TV regional berita daerah

Narapidana Dibekali Ilmu Beternak

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 16:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Sebanyak 14 narapidana asal Bogor, Jawa Barat, mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi sentra peternakan kambing Wana Delima Mandiri Farm di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Belasan narapidana dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor ini dibekali ilmu dengan belajar secara langsung dari para peternak.

Mulai dari pemilihan daun yang baik untuk dijadikan pakan, proses pengolahannya, hingga tata cara menyimpan pakan agar lebih awet. Tak hanya itu, para narapidana juga diajarkan tentang cara tepat pemberian pakan, merawat ternak, sampai pada proses pemasarannya.

“Kegiatan ini untuk mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat, tapi dengan kesiapan yang lebih baik, utamanya kesiapan mental. Kenapa sampai ke pertanian, perkebunan dan peternakan, karena di situ mereka akan diajarkan cara bersabar,” ujar Bethania Eden, Dirut PT Beliver Karya Indonesia.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk membekali narapidana. Hal ini agar ketika narapidana kembali ke masyarakat, mereka bisa mandiri dan menjadi wirausaha sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Peserta yang mengikuti pelatihan adalah narapidana yang sudah dinyatakan bebas bersyarat atau menjalani proses asimilasi.

“Kegiatan ini menjadi ilmu baru buat saya, dan menjadi kehidupan baru juga buat saya. Pengalaman ini bermanfaat. Saya ikut kegiatan ini karena saya ingin memulai hidup dan mengatur masa depan yang baru,” ucap Erfan Maulan Salim, narapidana.

Melalui pembelajaran ini, para narapidana diharapkan memiliki ketertarikan dan keahlian dalam beternak sehingga ilmu yang mereka peroleh bisa diterapkan di masyarakat selepas dinyatakan bebas.

#narapidana #peternakan #wirausaha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x