Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur Naik Seiring Naiknya Harga Pakan Ayam

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 20:42 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Dalam beberapa pekan terakhir, harga telur di pasar terus melonjak. Naiknya harga telur ini menurut peternak adalah yang tertinggi selama setahun terakhir. Peternak mengaku harga pakan yang mahal, membuat keuntungan tidak terlalu besar.

Selama sepekan ini Soleh, peternak ayam petelur di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, harus menaikkan harga jual telur. 

Harga telur di tingkat peternak menurut Soleh naik 2 kali, mulai harga Rp 22.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram dan sekarang naik Rp 26.250 per kilogram.

Menurut peternak, harga pakan yang naik membuat harga jual telur ayam ikut merangkak naik. Jika sebelumnya harga pakan satu paket Rp 900 ribu naik menjadi Rp 1 juta, untuk kebutuhan pakan ayam sepekan, peternak harus mengeluarkan sekitar Rp 5 juta rupiah. 

Meski harga di tingkat pengecer mencapai Rp 30.000, peternak tidak merasakan keuntungan besar karena ongkos pakan yang semakin mahal.

"Naik terus, sekarang ini Rp 26.250, ini yang paling tinggi selama ini," Kata Soleh.

Peternak berharap harga pakan bisa diturunkan, sehingga harga jual telur ikut turun dan terjangkau semua lapisan masyarakat. 

Terlebih di awal bulan puasa, permintaan telur di masyarakat biasanya cukup tinggi. Untuk saat ini, harga telur di tingkat pengecer Rp 30.000 - Rp 31.000 per kilogram.

#hargatelurnaik #peternaktelur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.