Kompas TV regional berita daerah

Konjen AS Luncurkan Program Prakarsa Pendidikan

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 08:09 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pemerintah Amerika Serikat meluncurkan progam Prakarsa, untuk membantu guru mengajar dengan teknologi, melalui Virtual Reality dan Games. Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadi salah satu kota yang dipilih untuk menjalankan program Prakarsa.

Program guru mengajar dengan teknologi secara Virtual Reality dan Games diluncurkan oleh Konsulat Jenderal Amerika Serikat yang berada di Indonesia. Kota Makassar menjadi salah satu kota yang dipilih untuk program ini.

Deputy Public Affair Officer Konsulat Amerika Serikat, Wouter Housen menjelaskan Amerika memilih visi untuk mengembangkan potensi anak dalam bidang ilmu sains, teknologi, seni dan matematika, khususnya dalam menghadapi perubahan iklim. Dan game menjadi sarana yang tepat karena diminati oleh anak-anak.

"kami hadir disini hari ini untuk menghadiri peluncuran pelatihan prakarsa yang diinisiasi oleh sekelompok anak muda kreasif yang sedang mengerjakan Teknologi Virtual Reality dan Teknologi Augmented Reality yang membantu guru sebagai alat edukasi dalam model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sains, teknologi, mesin, seni dan matematika"

Program ini menyasar guru di tingkat Sekolah Menengah Atas, dengan mengenalkan metode mengajar yang menyenangkan melalui teknologi Virtual Reality, dan dikembangkan melalui game untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Kami memilih game karena menurut saya game sangat populer di kalangan anak-anak, ditambah populasi anak muda di Indonesia. Mereka sangat dekat dengan teknologi internet dengan smartphone dan generasi sekarang sangat sangat suka game, sebagai wadah bersosialisasi dan game sebagai wadah untuk belajar,bukan hanya dalam pengembangan game tapi bisa sebagai tempat belajar yang bisa di lakukan dengan teknologi"

"Yaa mereka sangat excited dengan ide ini karena di Indonesia melihat banyaknya perubahan iklim, utamanya tentang banjir dan banyaknya lagi efek dari perubahan iklim dan polusi di laut dan darat ini saatnya kita bekerja sama"

Prakarsa merupakan program kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat, dan Indonesia dan Yayasan Prakarsa, Lounching juga di hadiri langsung oleh, badan pengembangan SDM Industri, Setyoko Pramono, yang mengapresiasi program konsulat Amerika dalam membantu pendidikan di Indonesia.

 

 

#KonjenAS
#Inovasi
#VirtualRealityGames
 



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.