Kompas TV regional berita daerah

Tambak Modern 60 Hektar untuk Budidaya Udang, Diresmikan Jokowi

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 16:48 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Peresmian tambak modern seluas 60 hektar ini dilakukan oleh Presiden Jokowi Kamis siang dengan didampingi sejumlah pejabat yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Anggota Komisi IV DPR RI asal Kebumen Darori Ronodipuro, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Bupati Sumba Timur.

 

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan pembangunan tambak modern di Kebumen akan menjadi sebuah contoh yang nanti bisa dicopy untuk daerah lain. Tambak ini akan menjadi sebuah contoh yang baik bagi budidaya udang vaname yang memerlukan kebersihan air dan manajemen detail.

 

Tambak BUBK Kebumen terdiri dari 149 petak tambak dengan produktivitas awal 40 ton per hektar per tahun. Tambak modern seluas 60 hektar tersebut dilengkapi instalasi pengelolaan air limbah (IPAL), water intake hingga ruang laboratorium.

 

Tambak ini mengimplementasikan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) untuk menjaga optimalisasi pertumbuhan udang sehingga hasil panennya berkualitas dan punya daya saing tinggi di pasar.

 

Presiden Jokowi menambahkan pembangunan BUBK Kebumen menggunakan APBN senilai 175 miliar rupiah. Jokowi optimis modal yang dikeluarkan pemerintah ini akan cepat balik. Diperkirakan hasil tambak udang modern sebesar angka 40 ton per hektar per tahun. Tambak ini menjadi tambak udang terintegrasi yang menghubungkan sektor hulu hingga hilir.

 

Selain di Kebumen, pemerintah melalui KKP juga merencanakan pembangunan tambak budidaya udang modern ramah lingkungan di Sumba Timur, NTT seluas 1.800 hektare.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x