Kompas TV regional berita daerah

Diduga Hiportemia, Mahasiswa Unsoed Tewas di Gunung Slamet

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL,KOMPAS.TV - Sadewa Natha Radya (19 Tahun), pendaki Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Unsoed, Purwokerto, tewas saat melakukan pendakian Gunung Slamet bersama enam temannya melalui jalur pendakian Permadi Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Korban ditemukan tewas oleh temannya pada Sabtu (25/02/2023) siang.

Namun evakuasi baru dilakukan pada Minggu (26/02/2023) pagi karena terkendala badai di puncak Gunung Slamet. Tim SAR kesulitan menandu jenazah korban sehingga membutuhkan waktu enam jam dari puncak menuju pos pendakian Permadi Guci, Kecamatan Bumijawa.

Kapolsek Bumijawa, AKP Mukmim mengatakan tujuh mahasiswa Mapala Unsoed berangkat pada Kamis (23/02/2023) siang melalu jalur Permadi Guci. pada Sabtu (25/02/2023) sore pos pendakian Permadi menerima info satu orang pendaki tewas di bawah puncak Gunung Slamet .

“Yang mengalami luka luka 1 orang dan meninggal 1 orang itu rombongan dari Unsoed Purwokerto yang melakukan pendakian di Gunung Slamet, jumlahnya 7 orang untuk jalur pendakian sementara akan ditutup,”ucap AKP Mukmin, Kapolsek Bumijawa.

Tim SAR kesulitan mengevakuasi jenazah korban karena terjadi badai di puncak Gunung Slamet. Dari tujuh pendaki hanya empat orang yang naik hingga puncak Gunung Slamet semuanya laki-laki. Sedang tiga pendaki dua perempuan dan seorang laki-laki mendirikan tenda di pos lima .

“Karena kondisi tidak memungkinkan mengevakuasi semuanya kami mengamnkan yang sehat dulu ke pos 5, jadi mereka itu bertuju 5 cowok 2 cewek dimana yang 1 terperosok ke jurang dan yang 1 menemani yang terkena hipotermia,”ucap Sofyan, petugas pos pendakian Permadi Guci.

Hingga Minggu ( 26/02/2023) sore sejumlah petugas Polsek Bumijawa, tim SAR dan petugas medis tengah menantikan kedatangan satu korban luka dan lima pendaki yang selamat. Sementara korban tewas dibawa ke RSUD Dokter Soesilo Slawi.

Korban tewas diduga akibat hipotermia diketahui korban juga menderita asma. Akibat kejadian ini, pos pendakian Gunung Slamet di pos Permadi Guci Kabupaten Tegal ditutup hingga cuaca membaik.

#gunungslamet #pendaki #mahasiswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x