Kompas TV regional peristiwa

Usai 25 Warga Dievakuasi karena Intimidasi KKB, Distrik Paro Sudah Kosong

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 20:26 WIB
usai-25-warga-dievakuasi-karena-intimidasi-kkb-distrik-paro-sudah-kosong
Tim gabungan TNI-Polri sedang bersiap melakukan evakuasi 15 pekerja bangunan yang mendapat ancaman dari KKB di Distrik Paro, Kabupaten Nduga. (Sumber: Kompas.com/Dok Satgas Damai Cartenz .)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

NDUGA, KOMPAS.TV - Distrik Paro yang berada di Kabupaten Nduga, Papua, sudah kosong setelah 25 warga yang berusaha mengamankan diri dari intimidasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ke Distrik Kenyam berhasil dievakuasi. 

Hal tersebut diungkapkan Kaops Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam program Kompas Petang di KOMPAS TV, Jumat (10/2/2023). 

Faizal menambahkan, identifikasi masih terus dilakukan untuk mengantisipasi apabila ternyata masih ada masyarakat yang juga dalam perjalanan menuju Kenyam. 

"Ini yang sedang kita identifikasi. Nampaknya, dari pantauan terakhir, sepertinya sudah hampir kosong Distrik Paro," kata Faizal. 

"Kami mencoba menyisir, kalau memang masih ada masyarakat dalam perjalanan ke arah Kenyam, kita lakukan evakuasi kembali," tambahnya. 

Seperti yang diketahui, personel gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi 25 warga Distrik Paro yang ingin mengamankan diri ke Distrik Kenyam, Nduga. 

Warga Paro tersebut menempuh perjalanan menuju Kenyam karena takut dengan intimidasi yang dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya, yang sebelumnnya mengancam 15 pekerja bangunan dan membakar pesawat Susi Air. 


 

Faizal kemudian menjelaskan, pemukiman di Distrik Paro sendiri mayoritas berada di sekitar landasan pesawat. 

Namun, ada juga beberapa masyarakat yang tinggal di beberapa titik lain dan tersebar sehingga menyulitkan untuk melakukan pengecekan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x