Kompas TV regional peristiwa

Satgas Damai Cartenz Masih Terus Cari Posisi Pilot Susi Air yang Diduga Disandera KKB

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 19:52 WIB
satgas-damai-cartenz-masih-terus-cari-posisi-pilot-susi-air-yang-diduga-disandera-kkb
Operasi Damai Cartenz evakuasi 15 pekerja bangunan yang diancam KKB di Papua. (Sumber: Tim Operasi Damai Cartenz)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

NDUGA, KOMPAS.TV - Satgas Damai Cartenz masih terus berusaha untuk mencari posisi pilot Susi Air, Philip Merthens, yang diduga disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Sebelumnya, pilot berkebangsaan Selandia Baru itu sempat terdeteksi tidak jauh dari lokasi pesawat yang dibakar di Bandara Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua. 

Kaops Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, pihaknya masih terus berusaha mencari keberadaan Merthens meski GPS yang digunakan oleh sang pilot sudah tidak berfungsi lagi. 

"Yang tidak jauh dari landasan itu adalah deteksi dari GPS Garmin yang dibawa oleh pilot pada hari kejadian, dan itu cuma berfungsi lima jam. Jam 10 kita mendeteksi terakhir, jaraknya 2,3 km. Tapi setelah itu, kita tidak bisa mendeteksi," kata Faizal dalam program Kompas Petang, Kamis (9/2/2023). 

"Kita sedang berusaha maksimal untuk menemukan posisi dan lokasi dari pilot tersebut," imbuhnya. 

Faizal menambahkan, pihaknya juga mendorong masyarakat setempat untuk memberikan informasi apabila mengetahui keberadaan dari pilot Susi Air tersebut. 

"Ya, kami dari Satgas Damai Cartenz mendorong, TNI-Polri juga mendorong, agar bupati bisa membantu publikasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi terkait hal tersebut," lanjut Faizal. 

"Akan tetapi sampai sekarang kita masih belum mendapat update dari berita tersebut," imbuhnya. 

Baca Juga: Salah Satu Sandera Ungkap Perjalanan Saat Akan DIevakuasi Pesawat Susi Air, Begini Ceritanya..!

Faizal juga menegaskan, pihaknya masih terus berupaya untuk memastikan apakah pilot Susi Air itu disandera oleh kelompok KKB atau bersembunyi dan sudah diselamatkan oleh warga. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x