Kompas TV regional berita daerah

Jalan Sehat Peringati 1 Abad NU, Warga Punguti Sampah

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 11:47 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan warga Nahdliyin dalam memperingati satu abad kelahiran Nahdlatul Ulama, NU. Di Desa Lemahduwur, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, ribuan warga Nahdliyin mengikuti pawai ta'aruf berkeliling desa.

 

Pawai taaruf sekaligus jalan sehat ini dimeriahkan penampilan marching band anak anak madrasah setempat. Tak hanya diikuti ikuti orang dewasa, puluhan anak yang memainkan lato lato juga turut dalam kegiatan ini.

 

Uniknya setiap peserta yang ikut diwajibkan membawa kantong untuk menampung sampah yang dipungutnya di sepanjang jalan yang dilalui. Kepala Desa Lemahduwur, Ali Setiaji mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

 

Bagi peserta yang paling banyak mengumpulkan sampah, panitia memberikan hadiah berupa uang tunai. Dengan kegiatan ini pihaknya berharap warga Nahdliyin selalu mengenang jasa para pendiri Nahdlatul Ulama. Di akhir acara sejumlah hadiah menarik diberikan kepada peserta yang beruntung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x