Kompas TV regional berita daerah

Umat Budha Ikuti Upacara Gong Fo Zhai Tian

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 16:36 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pasca Pandemi Ummat Budha Bisa Ikuti Upacara Gong Fo Zhai Tian

Puncak imlek di peringati umat Budha Makassar dengan menggelar upacara Gong Fo Zhai Tian  dengan membaca kitab suci dan berdoa bagi budha dan dewa langit upacara tahun ini bisa di ikuti umat budha setelah pembatasan di tempat ibadah di cabut.

Pasca pandemi covid 19 dan pencabutan pembatasan tempat ibadah ummat Budha di Kota Makassar bisa mengikuti upacara Gong Fo Zhai Tian atau Pai Ti Kong di Vihara Arama Maha Budha.

Gong Fo Zhai Tian atau Pai Ti Kong atau di kenal juga dengan sembahyang meja tinggi lebih ramai karena sudah tidak ada pembatasan sehingga umat Budha bisa ikut sembahyang bersama Bhante dan pengurus Vihara

Gong Fo Zhai Tian pembacaan kitab suci di khususkan untuk Budha dan para dewa  khususnya dewa langit sebagai wujud kesyukuran umat budha  yang bisa merasakan keberkahan hidup selain berdoa bersama umat budha juga menyertakan persembahan berupa makanan buah dan berbagai jenis minuman yang di letakkan di altar khusus.

Selain berdoa pada budha  umat juga berdoa pada para dewa yang telah menjaga manusia. Gong Fo Zhai Tian atau Pai Ti Kong  merupakan upacara tahunan di puncak perayaan imlek atau Cap Go Meh  bagi umat Konghucu dan keturunan Tionghoa Pai Ti Kong merupakan upacara untuk memberikan penghormatan pada dewa langit yakni Pai Ti Kong.

 

#imlek

#umatbudha

#upacaragongfozhaitian



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x