Kompas TV regional berita daerah

Menengok Kilas Waktu Kota Lama Lewat Pameran Fotografi

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 13:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wajah Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah memang terus berubah seiring waktu selama 15 tahun. Lim Winasdy, seorang penghobi fotografi jalanan merekam perjalanan wajah Kota Lama Semarang mulai dari tahun 2008, saat Kota Semarang menjadi kawasan yang dekat sekali dengan kriminalitas, hingga Kota Lama Semarang yang sudah mengalami revitalisasi dan menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah.

Melalui rekaman foto itulah, ia membuat pameran fotografi bertajuk "De Oude Stad Semarang" atau berarti Kota Lama Semarang.

“Saya ingin menceritakan sedikit perjalanan evolusi Kawasan Kota Lama Semarang yang dulu dikenal kumuh dan gelap, hingga sekarang menjelma menjadi destinasi wisata dengan pengunjung terbanyak di Jawa Tengah,“ ujar Lim Winasdy.

Setidaknya ada 26 buah karya foto karya Lim Winasdy dan puluhan karya foto dari fotografer lainnya yang dipamerkan di Gedung Monod Diephuis, Kawasan Kota Lama, Semarang.

Dipilihnya lokasi pameran di Kawasan Kota Lama membuat pameran ini tak hanya dikunjungi oleh warga kota semarang saja, namun juga para pelancong  dari luar kota yang sedang berjalan-jalan di Kota Lama pun turut tertarik untuk berkunjung. Terlebih lagi, tidak ada pemungutan biaya untuk dapat menikmati pameran fotografi ini.

“Tadinya kami sedang berjalan saja kemudian mendengar suara gending dan melihat ada pameran gratis sehingga kami memutuskan untuk masuk. Melalui pameran ini, saya mendapat banyak informasi terkait Kota Lama dan banyak foto-foto yang bagus,“ kata Varo, pengunjung pameran.

Lim Winasdy sendiri berharap, pameran karya fotonya ini dapat menggugah pengunjung untuk lebih mencintai dan menghargai bangunan tua. Di samping memiliki nilai artistik, bangunan tua juga memiliki nilai sejarah yang bagus untuk dipelajari. Melalui pameran fotografinya ini, ia berpesan agar bangunan tua di Kota Lama Semarang dapat terus terawat dan jangan sampai hilang.

#kotalama #fotografi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x