Kompas TV regional berita daerah

15 Pelaku Pembalakan Liar di Waduk Jatibarang Ditangkap

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 14:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 15 orang pelaku pembalakan liar pada Jumat (13/1/2023) sore ditangkap oleh Unit Reskrim Polrestabes Semarang. Ketika ditangkap, mereka sedang melakukan penebangan pohon jenis sengon di sekitar Waduk Jatibarang Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain mengamankan ke-15 pelaku, turut diamankan juga 5 unit sepeda motor yang dipakai untuk mengangkut kayu, serta satu kubik kayu yang akan dikirim ke pabrik pengolahan kayu di daerah Batang, Jawa Tengah.

Para pelaku ini mengaku melakukan penebangan karena diperintah oleh pimpinannya dan dibayar harian sebesar Rp 100 ribu. Aksi penebangan sendiri telah dilakukan sejak 28 Desember 2022 lalu.

“Kami melakukan apa yang diperintahkan karena katanya mereka punya surat kuasa dari BBWS. Kami sudah menebang pohon dengan jumlah sekitar 15 truk,“ kata Mahfud, pekerja.

Penangkapan para pembalak liar ini dilakukan setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat terkait aktivitas penebangan pohon sengon di Waduk Jatibarang.

“Mereka melakukan penebangan selama 11 hari mulai dari 28 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023. Disana sudah disiapkan tempat tinggal, sarana prasarana, dan uang saku harian,“ ujar AKBP Donny Sardo Lumbantoruan, Kasat Reskrim Polrestabes Semarang.

Polisi masih mendalami dugaan keterlibatan oknum dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dalam aksi pembakan liar ini. Pasalnya, salah satu pekerja mengaku memiliki surat izin penebangan dari BBWS Pemali Juana.

#pembalakanliar #bbws #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.