Kompas TV regional berita daerah

Pj Bupati Muba H. Apriyadi Resmikan Layanan Internet di Kecamatan Lalan

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 19:39 WIB
pj-bupati-muba-h-apriyadi-resmikan-layanan-internet-di-kecamatan-lalan
Di sela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa dalam Wilayah Kecamatan Lalan Periode 2022 - 2028, Pj Bupati Muba H. Apriyadi meresmikan layanan internet VSAT STAR- Telkom Indonesia. (Sumber: Humas Diskominfo Muba)
Penulis : KompasTV Palembang

MUSI BANYUASIN, KOMPAS.TV - Tidak hanya percepatan pembangunan infrastruktur dan pembenahan jaringan listrik, Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud juga melakukan percepatan Pembangunan Infrastruktur jaringan internet ke seluruh Kecamatan dan desa Di Musi Banyuasin. Dalam program percepatan Transformasi Digital di Kabupaten Musi Banyuasin kali ini, Pemkab Muba bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia Membangun jaringan internet VSat Star produk Space X Elon Musk bagi warga Lalan.

Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo memfasilitasi jaringan internet starlink yang merupakan jaringan internet produk Space X - Starlink Elon Musk. Ini merupakan kali pertama jaringan Internet Telkom Vsat Star dilakukan di Pulau Sumatera tepatnya Kecamatan Lalan Kabupaten Muba Provinsi Sumatera Selatan

"Layanan internet starlink ini dipusatkan di Kantor Kecamatan, namun warga Lalan bisa memanfaatkannya untuk mengakses internet," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud di sela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Desa dalam Wilayah Kecamatan Lalan Periode 2022 - 2028, Senin (12/12/2022).

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Muba dapat memberikan pelayanan Pembangunan yang merata diseluruh daerah Musi Banyuasin. Termasuk Kecamatan Lalan juga harus mendapatkan perhatian yang sama dengan Kecamatan Lainnya.

"Dengan menginap di Lalan ini, saya lebih tahu detail kondisi warga Lalan, listrik, Jalan, infratsukutur Jaringan internet dan Layanan BTS Provider menjadi PR prioritas saya. Insya Allah dalam waktu dekat solusinya ada dan nyata. Soal listrik beri waktu saya enam bulan, kita janjikan akan lebih stabil nantinya," ungkapnya.

Sementara itu, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyebutkan untuk pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Pemkab Muba bersama pihak Telkom melakukan pembangunan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit Vsat dan Vsat star untuk 2 kecamatan yakni Kecamatan Lalan dan Keluang.

"Nah, untuk layanan internet Vsat star (Starlink) hari ini telah diresmikan langsung oleh Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi, yang dipusatkan di kantor Kecamatan lalan dan saat ini layanan internet Vsat Star sudah on dan dapat diakses dan dipergunakan untuk layanan internet yang langsung akses ke satelit oleh Pemerintah kecamatan dan warga Kecamatan Lalan " tukasnya. Selain itu di Kecamatan Lalan juga akan segera dibangun BTS oleh pihak provider Telkomsel antara lain di desa Mulya Jaya Kec. Lalan, desa Ringin Agung Kec. Lalan, desa Karang Makmur Kec. Lalan, desa Mekar Sari Kec. Lalan, desa Tri Mulya Agung Kec. Lalan, desa Karya Mukti Kec. Lalan, desa Sari Agung Kec. Lalan, desa Srigading Kec. Lalan. Saat ini masih dalam tahap proses perencanaan pihak telkomsel ungkap Sinulingga.

Camat Lalan, Andi Suharto SSTP MSi mengucapkan Terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Apriyadi bersama Forkopimda dan juga menginap semalam di Lalan.

"Banyak yang sudah dialokasikan pak Bupati Apriyadi untuk Lalan, salah satunya jaringan internet star link untuk warga Lalan yang sekarang sudah bisa kami gunakan.

Alhamdulillah jaringan internet starlink Produk Elon Mask yang dibranding oleh Telkom VSAT Star meluncur di Kecamatan Lalan dan sudah terinstalasi dengan baik.

Internet starlink Produk Telkom Indonesia tersebut sudah aktif dan hari ini secara resmi telah di Launching dan di resmikan pemakaiannya oleh bapak Pj Bupati H. Apriyadi, pada saat pelantikan Kepala Desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2022.

Terimakasih kepada bapak Pj. Bupati Drs H. Apriyadi, MSi atas Program Percepatan layanan transformasi digital menuju Lalan canggih, dan terimakasih kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bapak Herryandi Sinulingga serta GM Telkom Indonesia Witel Sumsel Setiawan Nugroho bersama jajaran atas terobosan pemasangan Vsat starlink Pertama di Pulau Sumatera tepatnya di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera selatan. Kami bangga dan Kami Bahagia, salam Smart Solid dan Speed Menuju Transformasi Digital Musi Banyuasin.

Sementara itu, secara terpisah GM Telkom Indonesia Setyawan Nugroho membenarkan bahwa Jaringan Internet via satelit yang dibangun di Kecamatan Lalan, merupakan produk Space X Elon Mask yang di Rebranding Oleh Telkom Indonesia Menjadi Vsat Star dan Sudah aktif sehingga bisa langsung diakses oleh pihak kecamatan Lalan dan warga Lalan. Produk layanan ini kita lakukan karena Permintaan Pj Bupati untuk percepatan akses internet di pelosok daerah Musi Banyuasin. Ini juga merupakan hasil tindak lanjut Mou yang telah disepakati antara Pemkab Musi Banyuasin dan Pihak Telkom Indonesia Witel Sumsel beberapa waktu lalu, untuk mendukung penuh Program Pemkab Musi Banyuasin Menuju Muba Smart Regency Pungkasnya.



Sumber : Kompas TV Palembang

BERITA LAINNYA



Close Ads x