Kompas TV regional berita daerah

2 Tahun Membenahi Jember, Hendy Tingkatkan Stok Pangan Dan Akan Produksi Pupuk Sendiri (3)

Kompas.tv - 11 November 2022, 21:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Jelang 2 tahun kepemimpinannya, Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto menerima penghargaan peduli ketahanan pangan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah, pada 19 Oktober 2022. Penghargaan itu diberikan karena Pemkab Jember dapat meningkatkan ketersediaan pangan.

Hendy mengaku senang karena Pemkab Jember bisa meningkatkan stok pangan dan menuju swasembada pangan. Kondisi itu membuat ketersediaan pangan di Jember aman dan bahkan lebih sehingga bisa dijual ke daerah lain.

“Hasil pertanian kita cukup besar, seperti jagung, ada 250 ribu ton jagung yang dipakai kita sendiri da nada  450 ribu ton lebih untuk dijual ke daerah lain,” ujar Hendy Siswanto pada acara talkshow di KompasTV Jember, pada Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Jelang 2 Tahun Membenahi Jember, Hendy-Firjaun Panen Penghargaan (1)

Untuk mempertahan prestasi itu, Hendy siswanto telah menyiapkan sejumlah strategi, yakni mempertahankan dan menjaga lahan pertanian dan memproduksi pupuk secara mandiri.

“Luas lahan pertanian di Kabupaten Jember merupakan yang terbesar ketiga se Indonesia. Daerah yang lahan pertaniannya luas dapat eksis di zaman keemasan Indonesia pada tahun 2045. Jadi jangan sampai ada alih fungsi lahan. Kita akan jaga lahan pertanian di Jember dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah),” tegas Hendy Siswanto.

Strategi selanjutnya, Pemkab Jember akan membuat pabrik pupuk sendiri untuk kemudian diberikan kepada petani secara gratis sehingga petani tidak lagi kesulitan pupuk. Karena kalau hanya mengandalkan pupuk dari pemerintah pusat tidak mencukupi.

“Pada tahun 2023, kami akan membangun pabrik pupuk dengan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, nanti yang diproduksi adalah pupuk organik dan cair. Nanti akan kami bagikan gratis kepada petani, tapi petaninya harus mau menggunakan pupuk organik, karena pupuk organik dapat meningkatkan produktivitas,” terang Hendy Siswanto.

Baca Juga: 2 Tahun Membenahi Jember, Hendy-Firjaun Dorong Desa Mandiri Dan Jemberpreneurship (2)

Pemkab Jember akan melibatkan 150 home industri pupuk untuk mensukseskan program itu. Sejauh ini pupuk organik sudah digunakan oleh sebagian petani, ke depan Pemkab Jember akan mendorong semua petani menggunakannya.

 

#StokPangan #SwasembadaPangan #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x