Kompas TV regional berita daerah

PTPN XIII Lakukan Replanting Tanaman Kelapa Sawit di Kebun Kembayan

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 18:19 WIB
ptpn-xiii-lakukan-replanting-tanaman-kelapa-sawit-di-kebun-kembayan
Penanaman Ulang Kelapa Sawit di Kebun Kembayan (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

SANGGAU, KOMPAS.TV - PT Perkebunan Nusantara XIII (PTPN XIII) yang merupakan salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan PTPN III (Persero) melakukan peremajaan kebun kelapa sawit dengan mengganti tanaman yang sudah tua menjadi tanaman yang baru sesuai dengan prinsip-prinsip Good Agricultural Practices (GAP) Seluas 124,50 Ha di Kebun Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Baca Juga: PTPN XIII Selenggarakan Sertifikasi Asisten Kebun Sawit Berbasis SKKNI

Direktur PTPN XIII Rizal H. Damanik dalam beberapa kesempatan menyampaikan “Penanaman ulang merupakan sebuah perjalanan panjang yang membutuhkan kerja keras, ketekunan, semangat, serta daya tahan, mulai dari persiapan lahan, penanaman bibit sampai dengan pemeliharaan. Langkah-langkah ini akan menentukan keberhasilan tanaman dari Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) hingga menjadi Tanaman Menghasilkan (TM).
 

Penanaman Ulang (Replanting) Kelapa Sawit di Kebun Kembayan (Sumber: PTPN XIII)


Selain aspek teknis, terdapat hal-hal lain yang dapat mendukung keberhasilan penanaman ulang yaitu bagaimana Unit Kerja dapat menciptakan lingkungan yang kondusif, baik bagi peningkatan produktivitas karwayan, menjaga hubungan dengan para pemangku kepentingan serta pengamanan aset. Jika semua itu kita lakukan secara simultan, maka Insya Allah, peremajaan tanaman ini mampu memberi sumbangsih besar dalam mewujudkan keberlanjutan PTPN XIII dalam industri kelapa sawit, ucapnya.
 
Sejalan dengan Direktur PTPN XIII, Subhan Noviar selaku Komisaris PTPN XIII dalam sambutannya menyampaikan bahwa Replanting ini sangat penting untuk menjaga kesinambungan produksi sekaligus peningkatan produktivitas yang akan berdampak pada perbaikan kinerja Perusahaan. Dengan potensi lahan yang luas, apabila diikuti dengan pemeliharaan yang tepat, maka harapan kita, PTPN XIII dapat memberikan kontribusi terhadap Negara.

Baca Juga: PTPN XIII Bertransformasi Menuju Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Selain itu, dukungan dari masyarakat juga dibutuhkan untuk keberlangsungan tanaman yang baru saja di replanting ini, saya senang terutama para tokoh masyarakat setempat yang memberikan support kepada PTPN XIII dalam pelaksanaan replanting ini.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu, Yosep Heriyanto, dirinya menyambut positif tanam ulang yang di programkan dan ia berharap PTPN XIII harus tumbuh, tanaman tua harus di replanting agar tetap berkembang.

“Saya berharap manajemen PTPN XIII khususnya unit Kebun Kembayan harus serius dan kami masyarakat Adat mendukung program replanting ini,”ujar Yosep Heriyanto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x