Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Rabies Peringati Hari Karantina Pertanian ke-145 di BKP Kelas I Banjarmasin

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 21:20 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Sejumlah warga nampak ramai membawa hewan peliharaan ke Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin untuk menerima vaksinasi rabies dalam rangkaian peringatan Hari Karantina Pertanian Ke-145, senin (10/10/2022).

Rabies memang masih menjadi sorotan Balai Karantina Pertanian mengingat Kalsel masih belum sepenuhnya lepas dari penyakit zoonosis yang bisa menulari dan mengancam kesehatan manusia tersebut.

Baca Juga: Lewat Serial Komik Irai, Penulis dan Komikus Perkenalkan Kalimantan Selatan

Kesempatan yang tidak dilewatkan para pecinta hewan di Banjarmasin, diantaranya Anita, untuk memberikan vaksinasi rabies bagi peliharaannya, terlebih vaksinasi ini gratis.

"Rabies itu kita menghindari dulu supaya tidak terkena rabies terutama keluarga,"  ucap Anita.

"Upaya kita mencegah rabies dengan memberi suntik vaksin rabies rutin," terang Kepala Seksi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, drh.Isrokal.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Nur Hartanto, menegaskan sinergitas berbagai kalangan menjadi kunci pencegahan masuknya hama penyakit baik hewan maupun tumbuhan ke Kalsel.

Seperti contoh dalam upaya pencegahan penyakit kuku dan mulut, meski telah dinyatakan zero kasus.

Koordinasi pengawasan dan kebijakan menjadi upaya menjaga pmk tetap tidak ditemukan di Kalsel.

"Yang harus ditingkatkan adalah sinergi dengan seluruh komponen, untuk bersama-sama membangun Indonesia dan mengamankan pangan," terang Nur Hartanto.

Baca Juga: DJKI Mengajar, Kenalkan Anak Kekayaan Intelektual Sejak Dini, Kemenkumham Kalsel Jadi Guru Sehari

Sementara selain vaksinasi, peringatan Hari Karantina Pertanian juga dimeriahkan bazar murah yang ramai diserbu warga.

Selain itu juga dilakukan bakti sosial donor darah dan penyerahan bibit tanaman gratis hingga mengenal lebih dekat hewan reptil yang bisa dipelihara dari komunitas pecinta reptil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x