Kompas TV regional berita daerah

SMA 1 Kesesi Melatih Siswa Berwirausaha Lewat Bazar Sekolah

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 11:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, kegiatan bazar makanan dan pentas seni di SMA 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah kembali digelar. Ada 30 stand makanan dan minuman yang dijual oleh para siswa.

Aturannya adalah makanan dan minuman tradisional, seperti yang terbuat dari umbi-umbian, beras ketan, atau sayuran. Begitu juga dengan minuman yang dijual juga tradisional, seperti jahe, bajigur, bandrek sampai es kelapa muda.

Para siswa boleh memodifikasi makanan dan minuman yang ada agar lebih menarik minat para pembeli. Mereka menyambut baik adanya bazar karena dapat belajar berwirausaha serta menjadi bekal apabila sudah lulus nanti.

"Sangat membantu buat kita nantinya kalau sudah lulus sekolah bisa usaha sendiri, dengan adanya bazar ini," ungkap Khalisah, siswi SMA 1 Kesesi.

Eko Supriyanto, Kepala SMA 1 Kesesi menyebut, bazar yang digelar merupakan rangkaian hari ulang tahun sekolahnya yang ke-28. Para murid diajarkan bagaimana teori berdagang yang diajarkan di kelas  juga dipraktikkan di lapangan.

"Untuk melatih anak-anak, menerapkan ilmunya di kurikulum sekolah ini, anak itu tidak hanya diberi teori tapi mereka juga praktik. Tujuannya adalah mereka bisa mempunyai sifat mandiri, kebhinekaan, gotong royong, dan juga punya inovasi dalam rangka mendekat kepada budaya entrepreneur," ujar Eko.

Diharapkan, nantinya setelah siswa lulus sekolah, bisa membuka lapangan pekerjaan dengan ilmu kewirausahaan yang didapat.

#sma1kesesi #kewirausahaan #siswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x