Kompas TV regional kriminal

Lemkapi Desak Polri Pecat 3 Polisi di Medan jika Terbukti Terlibat Perampokan Sepeda Motor

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 14:00 WIB
lemkapi-desak-polri-pecat-3-polisi-di-medan-jika-terbukti-terlibat-perampokan-sepeda-motor
Ilustrasi polisi. Lemkapi mendesak memecat tiga anggota polisi di Medan, Sumatera Utara, yang terlibat dugaan perampokan sepeda motor. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mendesak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memecat tiga anggota polisi di Medan, Sumatera Utara, yang terlibat dugaan perampokan sepeda motor.

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan berpendapat, adanya polisi yang terlibat dalam kasus dugaan perampokan itu memalukan institusi.

"Aksi perampokan sepeda motor milik warga yang didalangi tiga oknum polisi di Medan memalukan institusi Polri," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/10/2022), dikutip dari Antara.

Edi mendesak agar Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersikap tegas dengan memecatnya sebagai anggota Polri.

Baca Juga: Kronologi Anggota Polrestabes Medan Gagal Rampok Satu Keluarga, Panik saat Korban Telepon Polda

Menurutnya, jika mereka terbukti terlibat kasus dugaan perampokan tersebut, mereka tidak layak lagi menjadi anggota Polri.

"Kita minta Komisi Kode Etik Polri (KKEP) merekomendasikan mereka dipecat," tegasnya.

"Mereka bukan saja melanggar etik tapi perbuatan mereka juga sudah mengarah pada pelanggaran pidana," katanya.

Menurut dosen hukum Kepolisian di Universitas Bhayangkara Jakarta ini, sebagai anggota Polri seharusnya mereka menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dan tidak berperilaku melanggar hukum.

Edi mengharapkan perilaku oknum polisi tersebut menjadi pembelajaran dan introspeksi untuk seluruh jajaran Polri.

"Setiap oknum yang melanggar hukum pasti akan ditindak Kapolri. Kita yakin Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tidak akan pernah ragu mengambil tindakan tegas," katanya.


 

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Polda Sumatera Utara (Polda Sumut) mengonfirmasi tiga anggota Polrestabes Medan ditangkap karena hendak merampok warga.



Sumber : Antara/berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.