Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Anggota Pramuka Sulam Perisai Pancasila Raih Rekor

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mengajarkan keterampilan kepramukaan mandiri sulam Perisai Pancasila di kegiatan orientasi kepramukaan perguruan tinggi (OKPT) 2022 Universitas Negeri Semarang. Sebanyak 6.206 anggota pramuka membuat hasil karya gemilang berupa sulaman Perisai Pancasila.

Keterampilan sulam Perisai Pancasila mengandung maksud mendidik pramuka mempunyai jiwa pancasila dan mandiri. Mereka bisa mengamalkan nilai - nilai pancasila dalam kehidupan keseharian dan pramuka harus mandiri dengan bekal keterampilan yang dimilikinya. Banyaknya peserta yang membuat keterampilan sulam Perisai Pancasila, akhirnya mendapat apresiasi dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

"Menyulam adalah bagian dari ketrampilan kepramukaan, yang harapannya akan memberikan bekal bagi mahasiswa-mahasiswa baru," ujar Noorochmat Isdaryanto, pemrakarsa.

"Ini telah berhasil menciptakan suatu karya yang berhubungan dengan ketrampilan dan juga filosofi kenegaraan. Ketrampilan kepramukaan menyulam Perisai Pancasila," jelas Paulus Pangka, Leprid.

Selain keterampilan sulam, sebanyak 6.206 anggota Pramuka Universitas Negeri Semarang atau Unnes juga membuat video pengamalan pramuka manusia pancasila.

#pramuka #unnes #leprid

 



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x