Kompas TV regional berita daerah

Pengibaran Bendera Sepanjang 1.777 Meter di Atas Laut Juwana

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 15:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PATI, KOMPAS.TV - Puluhan kapal nelayan jajaran Polres Pati, Jawa Tengah, bersama para nelayan Juwana, Rabu (17/8/2022) dini hari, berlayar menuju Perairan Laut Juwana dengan membawa atribut bendera merah putih. Hal ini dilakukan tepat di Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Setelah sampai di tengah Perairan Laut Juwana, para anggota Polres Pati bersama nelayan berusaha membentangkan bendera dengan panjang 1.777 meter di atas perairan, dengan cara ditarik oleh puluhan kapal nelayan.

Pengibaran bendera di atas laut tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme warga Indonesia, yang melibatkan masyarakat dan para nelayan di wilayah Pelabuhan Juwana.

"Seluruh anggota Polres Pati dan stakeholder terkait, dari angkatan laut (AL), kemudian SAR Bandar, kami melaksanakan pengibaran bendera di Laut Jawa, dalam rangka Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77," tutur Akbp Cristian Tobing, Kapolres Pati.

Kegiatan tersebut lantas mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid), karena pengibaran bendera sepanjang1.777 meter diatas laut, merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia, dan memecahkan rekor dunia.

"Polres pati telah berhasil menciptakan rekor baru, yaitu pembentangan bendera merah putih di atas Laut Jawa sepanjang 1.777 meter, dan ini belum pernah terjadi," ujar Paulus Pangka, Ketua Leprid Indonesia.

Tidak hanya pengibaran bendera sepanjang 1.777 meter di atas perairan laut, para nelayan juga memasang ribuan bendera di atas kapal dan sepanjang area menuju Pelabuhan.

#polrespati #hutrike77 #pelabuhanjuwana



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.