Kompas TV regional berita daerah

Lahan Subur, Hasil Pertanian Kentang Melimpah

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Ditengah sulitnya mendapatkan pupuk untuk lahan pertanian. Petani di desa maddako kecamatan tinggi moncong  sedikit bernafas lega. Dengan pemanfaatan pupuk organik nongmin  lahan pertanian petani menghasilkan penen yang melimpah .

Mentri pertanian  syahrul yasin limpo mengajak petani lebih menggunakan pupuk organik  ditengah keterbatasan pupuk kimia.

Dilahan pertanian milik anggota dprd kabupaten gowa haji rafiuddin dibawah pengawasan bapak kaharuddin . Pemanfaatan pupuk organik dilahan pertanian kentang miliknya di desa maddako kelurahan pattapang kecamatan tinggi moncong kabupaten gowa menuai hasil berlimpah.

Lahan seluas 40 kali 30 meter yang sebelumnya menghasilkan 30 karung kentang dengan berat 50 kilogram per karungnya naik hingga 40 karung dengan berat rata rata diatas 50 kilogram per karungnya.

Tak hanya peningkatan hasil panen  petani juga mengaku lebih diuntungkan pada penggunaan pupuk organik nongmin yang mengandung racun hama dan mencegah pembusukan buah kentang .

Direksi pt sukses putra sanjaya yang hadir menyaksikan panen raya kali ini  boby irwandi  mengungkapkan bahwa keberhasilan demplot pupuk nongmin ini diharapkan bisa membantu petani dalam mengurangi biaya oprasional pertanian mulai dari pestisidapenyubur tumbuhan dan vitamin bagi tanaman petani .

#pertanian
#pupukorganik
#petanikentang



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA


Close Ads x