Kompas TV regional berita daerah

Ma'ruf Amin Berkunjung ke Semeru, Hunian Penyintas Erupsi Belum Rampung

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Wakil Presieden Ma’ruf Amin mengunjungi tempat relokasi korban erupsi gunung semeru di Lumajang Jawa Timur. Wapres sempat berdialog dengan para penyintas yang sudah 5 bulan lebih berada di pengungsian.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin tiba di tempat relokasi Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, pada Kamis (2/6/2022). Kedatangan Wakil Presiden untuk meninjau langsung pembangunan hunian sementara dan tetap untuk penyintas erupsi gunung semeru.

Baca Juga: Wakil Presiden Meminta Pembangunan Huntara Korban Semeru Dipercepat

Untuk pembangunan hunian tetap tidak ada kendala. Hunian tetap, yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, sudah hampir seratus persen selesai. Bahkan sudah ada seratus lebih penyintas erupsi gunung semeru yang sudah menempati hunian tersebut.

Namun untuk pembangunan hunian sementara berjalan lambat. Proyek yang dikerjakan oleh sejumlah relawan itu baru selesai kurang lebih empat ratus hunian saja. Padahal jumlah hunian yang harus dibangun mencapai seribu rumah.

Untuk mempercepat pembangunan hunian sementara, pengerjaannya akan diteruskan oleh pemerintah daerah setempat.

Baca Juga: Penyintas Erupsi Semeru Menikah di Tempat Pengungsian

Ma'ruf Amin berjanji akan memberikan sertifikat kepemilikan rumah kepada semua kepala keluarga. Namun, rumah tersebut tidak boleh dijual.

Pemerintah sendiri menyiapkan lahan seluas 81 hektar untuk dijadikan tempat relokasi bagi 2 ribu penyintas erupsi gunung semeru. Setiap warga mendapatkan rumah dengan ukuran 10 x 14 meter.

#WakilPresiden #Ma’rufAmin #GunungSemeru #Hunian #Erupsi #Penyintas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x