Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Hewan Ternak di Pasuruan Menurun Drastis Karena Wabah PMK

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Merebaknya virus penyakit mulut dan kuku membuat penjualan hewan ternak di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, anjlok. Untuk mencegah penularan, pemerintah setempat melarang jual beli hewan ternak dari luar daerah.

Wabah penyakit mulut dan kuku membuat penjualan hewan ternak, seperti sapi, kambing dan domba di Kabupaten Pasuruan menurun drastis.

Baca Juga: Akan Dijual Saat Idul Adha, Sapi Seberat 1 Ton Malah Mati Terinfeksi PMK

Sebelum wabah itu merebak, pedagang bisa menjual 10 ekor sapi dalam sepekan. Namun saat ini, pedagang hanya bisa menjual 3 ekor sapi setiap pekan. Wabah PMK juga membuat harga sapi, kambing dan domba turun hingga 10 persen dari harga normal.

Untuk mencegah penularan virus PMK, Dinas Peternakan Pemkab Pasuruan rutin menyemprotkan desinfektan pada hewan ternak dan kendaraan pengangkutnya.

Baca Juga: Penjualan Sapi di Pasar Hewan Menurun Drastis Akibat Wabah PMK

Petugas juga memeriksa kondisi mulut dan kuku ternak secara berkala. Pemerintah juga melarang pedagang melakukan jual beli ternak dari luar daerah.

Pedagang berharap virus PMK bisa segera teratasi, karena sebentar lagi hari raya kurban.

 

#JualBeliTernak #HewanTernak #Sapi #Kambing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.