Kompas TV regional berita daerah

DPRD Sidak Jalan Rusak: Sering Dilewati Kendaraan Berat

Kompas.tv - 5 April 2022, 11:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jember Jawa Timur menggelar inpeksi mendadak jalan rusak penghubung Kecamatan Balung dan Umbulsari. Kerusakan jalan akibat sering dilewati kendaraan melebihi bobot maksimal.

Inspeksi mendadak itu dilakukan oleh anggota Komisi C DPRD Jember dengan didampingi petugas dari Dinas Perhubungan dan petugas PU Bina Marga Kabupaten Jember, pada Sabtu (2/4/2022). Sasaran sidak adalah jalan rusak yang berada di Desa Karangsemanding Kecamatan Balung.

Kategori jalan penghubung Kecamatan Balung dan Umbulsari itu adalah kelas 3. Jalan itu kerap kali dilewati kendaraan angkutan barang yang melebihi muatan di atas 8 ton sehingga memicu kerusakan.

Baca Juga: Sering Memicu Kecelakaan, Jalan Rusak Ditanami Pohon

Ketua Komisi C DPRD Jember, Budi Wicaksono akan melayangkan surat pemberitahuan kepada perusahaan atau jasa angkutan barang agar menyesuaikan berat atau bobot muatan sesuai regulasi.

Komisi C DPRD DPRD Jember juga mengusulkan pembuatan portal jalan agar kendaraan melebihi bobot maksimal tidak bisa lewat.

Menurut pejabat pelaksana teknis kegiatan PU Bina Marga Jember, Kurnia Widyastuti, selain karena angkutan barang, kerusakan jalan juga dipicu oleh curah hujan tinggi. Pemerintah akan memperbaiki jalan rusak ini dan menargetkan perbaikan jalan rusak selesai akhir bulan Juni.

 

#DPRDJember #Sidak #JalanRusak #KendaraanBerat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x