Kompas TV regional peristiwa

Wapres Ma ruf Amin Resmikan Bank Wakaf Mikro Ponpes Muhammadiyah Sabilil Muttaqien

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 12:05 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien didampingi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Metro Lampung.

Peresmian Bank Wakaf Mikro (BWM) ini sebagai bentuk komitmen OJK mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesantren.

Dengan tiga fungsi pesantren menurut Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, pesantren sebagai Pusat Pendidikan Pusat Dakwah dan Pusat Pemberdayaan Masyarakat, ia berharap BWM memiliki manfaat yang besar serta dapat dikelola sesuai amanat.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bersama ojk akan memiliki manfaat besar dalam pengembangan pesantren pada khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya. Saya harap bank wakaf mikro ini dikelola dengan baik dan dengan penuh amanat dan supaya jangan sampai ada ketidakpercayaan terhadap pesantren.” Ujar Wakil presiden RI Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Demokrat: Setiap Parpol Berhak Mengajukan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menegaskan, bahwa OJK tidak hanya membantu pembiayaan BWF,  namun juga membina masyarakat mengelola dana bantuan tersebut.

“Ini adalah bank wakaf mikro, tadi berbagai agenda ini merupakan upaya ojk untuk hadir ikut menyukseskan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat, yang kalau secara komersial sulit diakses oleh pembiayaan (perbankan). Di samping itu ojk juga selalu bukan hanya pembiayaan, pembiayaan penting tapi bukan satu-satunya. Ojk selalu melakukan pembinaan kepada masyarakat.” Kata Ketua dewan komisioner OJK Wimboh Santoso.

Menjelang akhir tahun ini sudah ada sekitar 50 ribu nasabah Bank Wakaf Mikro. Dengan akumulasi penyaluran pembiayaan mencapai Rp 74,8 miliar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x