Kompas TV regional berita daerah

Tukar Sampah Anorganik Dengan Segelas Kopi

Kompas.tv - 29 September 2021, 18:21 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Jika selama ini sampah anorganik atau sampah yang bisa didaur ulang hanya dibuang begitu saja. namun di tangan komunitas pecinta lingkungan di kota Malang, sampah tersebut akan dihargai dengan segelas kopi atau kupon yang bisa ditukar di kafe kafe tertentu. 

Salah satunya adalah vosco kafe yang berada di kawasan blimbing kota Malang. Pengunjung yang membawa sampah yang bisa didaur ulang akan didata oleh salah satu anggota komunitas.

Selanjutnya pemahaman tentang memilah sampah yang bisa didaur ulang juga diberikan kepada warga yang membawa sampah tersebut. 

Setelah itu pengunjung akan mendapatkan satu gelas kopi. Tidak  hanya kopi pengunjung yang menukarkan sampahnya juga akan mendapatkan sabun hasil daur ulang minyak jelantah.

Annisa salah satu warga yang menukarkan sampah mengaku memilah sampah organik dan anorganik sudah ia lakukan sejak dulu. Dirinya sengaja memilah sampah plastik dan kaca bekas perawatan wajahnya untuk ditukar dengan segelas kopi. 

"Tertariknya karena di malang setau saya yang kayak gini baru, dan kebetulan saya butuh menyalurkan sampah sampah tadi" terang Annisa disela sela menikmati kopinya.(Selasa,29/9/2021)

Sementara itu Ence Adinda dari komunitas pegiat lingkungan ini menjelaskan bahwa program menukar sampah dengan kopi ini untuk mengedukasi masyarakat dalam memilah sampah dari rumah. 

Karena saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami bahwa ada beberapa sampah yang bisa didaur ulang dan dimanfaatkan.

"Jadi saya mikir kenapa ga bikin satu Komunitas atau suatu layanan yg bisa memadai orang-orang yang mereka sudah punya kepedulian, cuma tinggal mereka tidak tau mesti diapain sampah tersebut." Ujar Ence pegiat lingkungan di kota Malang ini

Setelah dikumpulkan, sampah sampah anorganik ini akan dipilah lagi berdasarkan jenisnya seperti plastik, mika atau kaca. Kemudian sampah tersebut akan disetorkan ke bank sampah kota Malang untuk didaur ulang.

#daurulang #sampah #gogreen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x