Kompas TV regional berita daerah

Operasi Servak Maritim TNI AL, Lanal Banjarmasin Target TPI Banjar Raya

Kompas.tv - 20 September 2021, 19:58 WIB
operasi-servak-maritim-tni-al-lanal-banjarmasin-target-tpi-banjar-raya
Danlanal Banjarmasin Pantau Serbuan Vaksinasi Maritim di TPI Banjar Raya (Sumber: Pen Lanal Banjarmasin)

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tetap mengedepankan protokol kesehatan, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin kembali menggelar Operasi Serbuan Vaksinasi (Servak) Maritim yang ke 4 kalinya di Pelabuhan Perikanan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Banjar Raya Kec. Banjarmasin Barat, senin pagi (20/9/2021).

Didasari pemantauan dan pengumpulan data petugas yang menunjukkan meningkatnya peminat dan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk memperoleh vaksinasi covid-19 di sejumlah tempat vaksinasi oleh Lanal Banjarmasin

Menggunakan Vaksin jenis Sinovac, Servak Maritim tahap pertama dan kedua ini ditujukan untuk warga Pesisir yang bekerja sebagai Nelayan, pedagang ikan, buruh pelabuhan.

Selain itu sebagian pelajar yang akan menghadapi proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah juga turut menjadi sasaran.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Lanal Banjarmasin, Kepala Staf Angkatan Laut Perintahkan Vaksin Pelajar, Dukung PTM

Sedikitnya 376 dosis disiapakan Lanal Banjarmasin dengan melibatkan Tim Vaksinator (Nakes) dari Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla meninjau vaksinasi didampingi ketua penyelenggara Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti dan Perwira Pelaksana Mayor Laut (PM) Catur Dono.

Danlanal mengatakan kegiatan Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim ini sesuai instruksi langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S. E., M. M, yaitu dengan menyasar para warga Pesisir Banjarmasin dan sekitarnya.

Sementara selanjutnya akan menyasar para pelajar dalam persiapan menghadapi proses belajar mengajar tatap muka.

Baca Juga: Seperti Ini Kondisi Kebun Binatang Mini Banjarmasin Setelah Hampir Dua Tahun Tutup Akibat Pandemi

Dengan tujuan untuk menciptakan Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) dilingkungannya, sehingga Guru dan Murid dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan aman dan nyaman.

Ke depan, Lanal Banjarmasin akan menggelar pemerataan Vaksinasi di pondok pesantren, sekolah dan Universitas.

"Hal ini dilakukan untuk segera pemulihan ekonomi nasional yang maksimal, sehingga masyarakat secepatnya dapat kembali beraktivitas normal dalam tatanan kehidupan yang baru," terang Danlanal.

Baca Juga: Sopir dan Kru Angkutan Umum Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

Sebagai upaya tercapainya dalam membantu dan mensukseskan program pemerintah agar cepat selesai dalam penanganan musim Pandemi di tanah air,

Hingga saat ini Lanal Banjarmasin telah menyelenggarakan Operasi Serbuan Vaksinasi Maritim di sejumlah tempat wilayah Kalimantan Selatan sebanyak 37 kali dan sudah berhasil memvaksinasi 13.561 orang  atau menggunakan 1. 356 Vial vaksin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x