Kompas TV regional berita daerah

ICRG Restorasi Terumbu Karang Bangkitkan Perekonomian Bali

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Badung, KOMPASTV - Indonesia coral reef garden  atau ICRG merupakan bagian program pemulihan ekonomi nasional atau pen yang digalakkan pemerintahan pusat sebagai solusi dari dampak pandemi covid-19. Di antaranya untuk menciptakan lapangan kerja,  menjaga ekosistem terumbu karang, serta sebagai lokasi wisata dan edukasi. Dengan semakin membaiknya  ekosistem terumbu karang ini, diharapkan akan menjadi tujuan wisata baru di bali, terlebih masing-masing  spot selam memiliki tema yang berbeda-beda.

 

Program ICRG dilakukan di lima lokasi di bali yakni di pulau nusa dua dengan luas 32,2 hektare, pantai pandawa 9,5 hektare, pantai serangan 9,4, pantai sanur 13,8 ha, dan buleleng 7,4 hektare, dengan  total dana yang digelontorkan untuk menyukseskan icrg lebih dari rp.111 miliar,  yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah.

 

Dengan menciptakan atraksi wisata baru, program ini mempekerjakan lebih dari 10.171 orang  yang umumnya  para pelaku usaha wisata, penyelam, masyarakat pesisir, nelayan, bahkan para pekerja hotel/ biro perjalanan,dan lain-lainl  yang terdampak akibat lumpuhnya pariwisata di bali.

 

Kedepannya diharapkan selain  kelompok desa calon penerima icrg, pemerintah daerah, perguruan tinggi, para pelaku usaha wisata juga ikut berperan menjaga, merawat dan melestarikan kebun karang icrg yang telah dibangun, sehingga  masyarakat bali akan menuai manfaat yang lebih besar, seiring dengan pemulihan kembali pariwisata bali.

#icrg #terumbukarangbali #resorasiterumbukarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x