Kompas TV regional berita daerah

Petani Bawang Merah Kesulitan Dapatkan Pupuk

Kompas.tv - 12 November 2020, 21:00 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Salah satu lahan pertanian bawang merah yang sudah ditanami berada di kelurahan pasar batang, Brebes. Tanaman bawang merah yang ada rata rata sudah berusia lebih dari sepekan, meski beberapa diantaranya baru mulai ditanamkan.

 

Agar tanaman bawang merah dapat tumbuh dengan maksimal, dalam usia sepekan biasanya petani melakukan pemupukan untuk yang pertama kali. Menurut petani, ada tiga kali masa pemupukan dalam sekali musim tanam bawang merah. Pemupukan yang kedua saat tanaman berusia dua puluh hari dan yang ketiga saat usia satu bulan.

 

Selama ini petani hanya bisa menggunakan pupuk non subsidi yang harganya jauh lebih mahal. Padahal jika menggunakan pupuk bersubsidi petani bisa lebih menghemat biaya produksi. Pada tanaman bawang merah pupuk menjadi kebutuhan yang sangat menDesak agar tanaman bisa tumbuh maksimal.

 

Untuk bisa dipanen, tanaman bawang merah harus sudah berusia enam puluh hari atau lebih. Petani berharap, pemerintah segera turun tangan menyelesaikan persoalan sulitnya memperoleh pupuk bersubsidi. Petani khawatir, jika hasil panen murah akan merugi akibat biaya produksi membengkak karena harga pupuk yang mahal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x