Kompas TV regional berita daerah

Uang Sengon Tak Dibayar, Pemasok Kayu Demo Pabrik Kayu

Kompas.tv - 24 September 2020, 10:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BONDOWOSO, KOMPAS.TV – Puluhan pemasok kayu sengon berunjuk rasa di pabrik kayu di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur pada Senin (21/09). Mereka menuntut pelunasan uang kayu sengon sebesar 8 miliar rupiah, yang menunggak sejak setahun lalu.

Unjuk rasa di pabrik kayu di Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso tersebut sempat diwarnai ketegangan dan nyaris bentrok. Penjelasan dari pihak pabrik kayu Bondowoso Indah Plywood, PT. Indah Karya dinilai berbelit, sehingga menyulut emosi puluhan pemasok kayu.

Dalam aksinya, puluhan pemasok kayu melakukan orasi dan melempar sejumlah kayu sengon sebagai bentuk kekecewaan terhadap pihak pabrik.

Salah satu pemasok kayu, bernama Nanang Sampurno mengaku ia dan teman-temannya merasa ditipu, karena tunggakan 8 miliar rupiah tidak segera dibayar. Padahal pihak pabrik berjanji melunasi awal sebesar 30 persen di bulan Agustus 2020. Namun hingga kini belum dibayar.

Asisten Direktur PT. Indah Karya, Gus Karyadi Arief mengaku pihak pabrik mempunyai tunggakan dan belum dibayar, karena ada penurunan produksi sejak bulan Oktober 2019, sedangkan biaya operasional mengalami kenaikan. Terlebih di masa pandemi covid-19, pemasaran mengalami penurunan.

Para pemasok kayu akan menempuh jalur hukum dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak kementerian BUMN di Jakarta, karena pabrik tersebut merupakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara.

#PabrikKayu #UnjukRasa #PemasokSengon

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x